Gelar Pasar Murah, Gubernur Kalteng Sugianto Gratiskan 9500 Paket Bapok untuk Lima Desa di Kobar

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sampaikan sambutan, Jumat (14/6/2024)(MMC Kalteng)

Pangkalan Bun, Media Dayak

Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 H, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran buka Pasar Murah di Aula Desa Amin Jaya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (14/6/2024). 
 
Dalam sambutannya Gubernur mengatakan kegiatan Pasar Murah ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hewan qurban, yang dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng secara serentak. 
 
”Kegiatan ini adalah upaya untuk menekan angka inflasi, khususnya menjelang Hari Raya Iduadha 1445 H. Tahun ini total hewan qurban yang disalurkan ke 14 Kabupaten/Kota adalah 1000 ekor sapi,” ujarnya.
 
Gubernur mengungkapkan, saat ini Pemprov Kalteng fokus dalam menjalankan program pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. 
 
“Dengan dibangunnya Rumah Sakit Provinsi di Hanau, mudah-mudahan masyarakat Kalimantan Tengah bisa berobat dan mendapatkan pelayanan terbaik. Tidak perlu berobat ke provinsi sebelah, karena fasilitas Rumah Sakit Hanau tidak kalah dengan Rumah Sakit yang ada di kota besar,” ungkapnya.
 
Ia juga menambahkan, untuk meningkatkan SDM di Kalteng, Pemprov juga akan membangun universitas yang tidak kalah dengan UI dan ITB. 
 
“Generasi muda Kalteng 90 persen minimal harus S-1, kalau bisa lanjut ke S-2, S-3 dan jadi profesor,” pungkasnya. 
 
Pada Pasar Murah di Desa Amin Jaya ini, tersedia 2000 paket Bapok yang berisikan beras 10 Kg dan minyak goreng 900 ML senilai Rp192.500, kemudian disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500 dan disubsidi lagi oleh Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran sebesar Rp20.000, sehingga paket sembako tersebut gratis untuk masyarakat.
 
Selain di Desa Amin Jaya, Gubernur juga membuka Pasar Penyeimbang di empat titik lokasi lainnya, yakni Kantor Desa Pangkalan Banteng (2000 paket); Aula Kantor Desa Pangkalan Tiga (3000 paket) Kantor Desa Sungai Melawen (500 paket) dan Desa Bumi Harjo (2000 paket).
 
Sama seperti di Desa Amin Jaya, paket Bapok di empat titik lokasi tersebut juga disubsidi oleh Pemprov Kalteng, Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran dan Komisaris Utama Bank Kalteng Rahmat Hidayat, sehingga digratiskan untuk masyarakat. (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait