Gelar Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai, Gubernur Ajak seluruh Elemen Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Forkopimda foto bersama usai mengikuti Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 se Kalteng, Minggu (4/2/2024)(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran buka rangkaian kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 se Kalteng, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, dipusatkan di area Bundaran Besar, Minggu (4/2/2024)
 
Usai kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh jajaran Pemerintah Provinsi Kalteng, Forkopimda dan lapisan masyarakat Kota Palangka Raya, dilepas oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dilanjutkan dengan rangkaian acara Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 se Kalteng yang diikuti pula oleh Kabupaten/Kota se Kalteng secara virtual.
 
Gubernur Kalteng menyebut, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari 2024 yang akan datang, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak di seluruh penjuru tanah air, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah, yang nantinya akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif.
 
“Pemilu ini merupakan momentum sangat penting bagi bangsa Indonesia, yang merupakan perwujudan nilai-nilai demokrasi, dan juga terutama akan menentukan arah masa depan bangsa,” ucapnya.
 
Pemilu Damai lanjutnya, adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, dan pemerintah sendiri juga telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusivitas dan keamanan selama Pemilu.
 
Oleh karena itu, ia mengajak seluruh stakeholders, sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing, dapat bersama-sama untuk memastikan bahwa Pemilu Damai bukan hanya slogan, tetapi ikhtiar nyata untuk menciptakan atmosfer kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pemilu.
 
“Mari kita berkomitmen untuk menjaga kedamaian selama Pemilu, karena hal ini adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa kecuali, dan memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat melakukan kegiatan kampanye politik yang positif dan sehat,” katanya.
 
Lanjutnya, kampanye yang dapat mengedukasi masyarakat agar semakin dewasa dalam berpolitik, untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dan mengawal Pemilu supaya berlangsung sukses, aman, dan damai.
 
Selanjutnya, Gubernur juga mengimbau para pemuka agama dan seluruh masyarakat untuk turut mendoakan, agar semua tahapan pemilu sampai dengan selesai berjalan damai, jujur, dan adil, sehingga semua pihak nanti menerima hasil pemilu dengan lapang dada dan penuh keikhlasan.
 
“Kepada para Bupati, Pj Bupati, dan Pj Wali Kota se-Kalteng saya meminta agar benar-benar memastikan kesiapan Pelaksanaan Pemilu tahun 2024, sehingga tidak ada permasalahan yang terjadi, baik terkait TPS dan PPK maupun Pendistribusian Logistik dan Jumlah Logistik, seperti Surat Suara, Kotak Suara, Tinta, Segel, Alat Coblos, dan juga Sampul Formulir” imbuhnya.
 
Mengakhiri sambutannya Gubernur mengajak, seluruh elemen untuk bersama-sama menyukseskan gelaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, menjadikan Pemilu sebagai pesta besar Demokrasi yang dirayakan dengan kegembiraan dan semangat, untuk menentukan lahirnya Pemimpin baru dan terbaik bagi bangsa Indonesia.
 
Sebagai penyataan komitmen Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Provinsi Kalteng dibubuhkan tandatangan di atas bentangan banner oleh semua perwakilan organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan yang ada di Kalteng, serta pimpinan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Tahun 2024.
 
Penandatanganan tersebut diikuti pula oleh Kabupaten/Kota se Kalteng, jajaran Pemprov. Kalteng oleh Gubernur Kalteng, Forkopimda Provinsi Kalteng serta Ketua DAD Kalteng, KPU dan Bawaslu.
 
Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pengundian door prize jalan sehat dengan hadiah utama 20 paket Umroh dan Ziarah Rohani dari Gubernur Kalteng, 6 (enam) unit sepeda listrik, 16 buah sepeda gunung, mesin cuci, kulkas dan sejumlah barang elektronik lainnya.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait