FKN 2024 Gelar Lomba Masakan Tradisional

Chef Juna beserta tim melakukan penilaian terhadap masing-masing peserta lomba. (Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 digelar dalam rangka memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024, yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kalteng ke-67. 
 
Salah satu event yang digelar FKN 2024 yaitu Lomba Masakan Tradisional Kategori Profesional Chef dan Kategori Umum, Lomba Masakan Modern Kalok Behau Panggang Kategori Chef dan Kategori Umum, dan Lomba Display Kudapan. Lomba dan penjurian diselenggarakan di GOR Indoor, Rabu (22/5/2028).
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan harapannya supaya dalam pelaksanaan lomba pada FKN ini akan muncul potensi menu makanan baru. “Tetapi tidak hanya menjadi potensi saja, namun akan muncul makanan dan kudapan yang menjadi ciri khas kuliner Kalteng,” ungkapnya.
 
Para peserta yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 11 orang untuk kategori Professional Chef, dan 24 orang untuk kategori umum. Seluruh hasil lomba dinilai oleh para juri menggunakan indikator penilaian yang terdiri dari preparation (hygiene, process, clear up), look and preparation, dan rasa.
Chef Juna beserta tim melakukan penilaian terhadap masing-masing peserta lomba.
 
 
Penjurian dilakukan oleh Chef Santo selaku President of Indonesia Chef Association (ICA), Chef Juna Juri MasterChef Indonesia dan Vice President of ICA Bidang Kode Etik dan Umum ICA Joko Untoro, Caretaker BPD ICA Kalimantan Tengah Chef Samila, BPD ICA Kalsel Chef Didi, dan Praktisi Masakan Khas Dayak Kalimantan Tengah Emilia Heriyani Riwut.
 
Adapun pemenang Lomba Masakan Tradisional Kategori Profesional Chef yaitu, Juara 1 diraih oleh Aura, Juara 2 Maya Oktavia, Juara 3 Ari Setiawan, Juara Harapan 1 Zefanya Gabriella ER, Juara Harapan 2 Ananda Satriya, dan Juara Harapan 3 Yeri Sevina. Lalu, pemenang Lomba Masakan Tradisional Kategori Umum yaitu Juara 1 Indra Resky Resti Fauzi, Juara 2 Siti Masmiatun, Juara 3 Ahmad Ananda Ramad, Juara Harapan 1 Dina Novitalia, Juara Harapan 2 Rita Kurnia, dan Juara Harapan 3 Srimurniatie.
 
Kemudian, pemenang Lomba Masakan Modern Inovatif Kalok Behau Panggang Kategori Profesional Chef yaitu Juara 1 Angga Anggela, Juara 2 Leo Chandra, Juara 3 Marya Cintani, Juara Harapan 1 Suryadi, Juara Harapan 2 Hesty Listiani Erika, dan Juara Harapan 3 Eliyensi. 
 
Untuk kategori Umum, Lomba Masakan Modern Inovatif Kalok Behau Panggang, Juara 1 Refa Wista, Juara 2 Sheze Galuh, Juara 3 Natalia, Juara Harapan 1 Nining Sri N.
 
Dalam lomba FKN 2024 ini, ada kebanggaan dan kegembiraan bagi seluruh peserta lomba, selain karena dapat menampilkan keterampilannya dalam mengolah ikan sungai, juga terutama karena dinilai dan mendapat feedback langsung dari para chef Indonesia Chef Association. (MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait