Feriso : Gunakan Dana BOS Sesuai Juknis

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Feriso

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Gunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai petunjuk teknis (juknis). Demikian yang dikatakan kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan Feriso, yang ditujukannya kepada semua sekolah di Kabupaten Katingan, yang disampaikannya pada saat dirinya menyampaikan sambutannya pada salah satu acara di aula kantor Disdik setempat.

Hal ini menurut Feriso, sehubungan dengan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang merupakan salah satu dari tiga Provinsi di Republik Indonesia (RI) ini yang dikabarkan termasuk Provinsi tertinggi dalam penyalahgunaan dana BOS bersama Provinsi Papua dan Sumatera Utara

Menurut kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan, Feriso dirinya sangat tidak enak mendengar hal tersebut. Karena, peringkat teratas dalam hal yang negatif (tidak baik).

Kendati tidak menyebutkan langsung Kabupatennya, namun menurutnya ada kemungkinan Katingan menjadi salah satu Kabupaten yang juga  termasuk ada sekolah yang menyalahgunakan dana BOS tersebut. “Oleh sebab itu, kepada semua kepala sekolah di Katingan agar selalu berhati-hati menggunakan dana BOS yang diberikan oleh pemerintah,” ingat Feriso.

Karena, uang negara menurutnya harus digunakan sesuai petunjuk teknisnya (juknis). Artinya, ketika menerima dana BOS, fihak sekolah harus menggunakannya sesuai dengan peruntukannya. “Dan, ketika sudah sampai waktunya, sekolah wajib membuat mempertanggung jawabankannya yang dinamakan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ),” tegasnya.

Terkait sosialisasi penggunaan dana BOS ini menurut mantan kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ini, sebenarnya sudah berulang kali. Baik secara khusus maupun setiap ada acara serimonial, selalu diingatkan kepada seluruh tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Katingan ini. “Hal ini, saya ingatkan agar semua kepala sekolah beserta dewan guru lainnya terhindar dari jeratan hukum,” terangnya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait