FBIM Ajang Silaturahmi Perkenalkan Budaya

Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph saat menghadiri pembukaan FBIM.(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

 
Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menghadiri pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022, yang diikuti 14 kabupaten/kota se- Kalimantan Tengah (Kalteng) di Kota Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

FBIM secara resmi dibuka Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, acara pembukaan ditandai dengan karnaval budaya yang diikuti seluruh kontingen Kabupaten/Kota se-Kalteng, OPD, TNI-Polri, Ormas/Kelembagaan, umum yang berlangsung di Bundaran besar kota Palangka Raya, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan, FBIM 2022 selain mempromosikan kekayaan budaya nusantara khususnya Kalteng, karnaval juga sebagai ajang silaturahmi.

Sementara, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph mengatakan karnaval budaya ini tidak hanya memperkenalkan budaya dan kesenian Kalteng namun juga Nusantara.

“Dengan adanya karnaval budaya ini menjadi ajang silaturahmi antara umat beragama dan sesama anak Bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata orang nomor satu di Bumi Tana Malai Tolung Lingu, Rabu (18/5/2022).

Diketahui, karnaval budaya yang diikuti puluhan kelompok peserta tersebut berhasil memukau pengunjung yang sejak tengah hari memadati kawasan bundaran besar dan jalan protokol Palangka Raya.

Terlihat tidak hanya wisatawan lokal yang menonton acara tersebut namun juga tampak terlihat wisatawan mancanegara yang antusias menyaksikan karnaval budaya ini. FBIM yang digelar pada 17-22 mei 2022, beragam keunikan budaya dan warna budaya Suku Dayak ditampilkan dalam FBIM.(Lus/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.