Dukcapil Lakukan Perubahan Blanko KK dan Akte Kelahiran

Contoh akte kelahiran yang lama berwarna hijau dan dicetak di percetakan. Sedangkan akte kelahiran yang baru, kertas putih HVS. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Katingan lakukan perubahan blanko Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran serta beberapa akte lainnya. Demikian yang dikatakan kepala Disdukcapil setempat, Feriso SE kepada sejumlah media, Senin pagi (28/9/2020), di ruang kerjanya.

Perubahan tersebut dilakukan menurutnya, bukan hanya di Kabupaten Katingan saja, tapi dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, yang berlaku mulai tahun 2020 ini. “Sedangkan pemberlakuannya, sama dengan KK dan akte-akte sebelumnya,” terangnya. 

Adapun bentuk KK dan Akte Kelahiran yang dirubah tersebut, bentuknya menurutnya tidak lagi menggunakan kertas yang dicetak di percetakan, tapi cukup dengan selembar kertas HVS saja. Sehingga lebih efesien dari sebelumnya.

Dengan adanya perubahan blanko tersebut, lanjutnya, selain lebih efesien dan praktis, juga menghemat anggaran. Bahkan, akan menghemat waktu dan budget bagi masyarakat yang mengurusnya. Karena, saat mengurus Akte Kelahiran, misalnya, yang bersangkutan cukup sekali saja ke Disdukcapil untuk melengkapi semua persyaratannya. “Sedangkan pengambilannya akte-nya, jika kita tidakau menunggu, bisa saja melalui internet. Kemudian, diprint out sendirij di rumahnya masing-masing,”  jelasnya.

Begitu pula ketika lembaran akte kelahiran atau KK nya hilang atau rusak, bisa dilakukan print out lagi di rumah sendiri. “Tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil,” ujar mantan PNS di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini. (Kas/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.