DPRD Setuju Penambahan Armada Sampah di DLH

Anggota DPRD Kab Katingan, Rudi Hartono

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono setuju penambahan pengadaan armada angkutan berupa dumtruck untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dengan tujuan untuk mempercepat dalam pengangkutan sampah di berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan. Pernyataannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu (5/6).

Salah satunya menurut Rudi, untuk mengangkut sampah dari TPS ke TPA yang ada di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Pasalnya, masalah sampah di Tumbang Samba ini, sejak dulu hingga sekarang belum pernah tertuntaskan. 

Masalahnya dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang salah tempat hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ditambah lagi jalan masuk menuju TPA menurutnya, juga bermasalah. “Salah satu permasalahannya, di sepanjang jalan masuk ke TPA itu sendiri tak jarang, penuhnya tumpukan sampah,” kata legislator parpol berlambang pohon beringin ini.

Hal ini menurutnya, mengingat di Tumbang Samba saat ini memiliki ratusan kios, warung makan dan toko sembako. Sehingga, volume sampahnya pun, kian tahun semakin bertambah dan sangat memprihatinkan. Sedangkan armada angkutan sampah yang digunakan saat ini selain sudah tua, juga sering mogok. “Tapi, dengan armada angkutan sampah yang baru, bisa memaksimalkan angkutan sampah dari TPS ke TPA,” akunya.  

Dengan begitu, dirinya mengaku sangat mengapresiasi kepada Pj Bupati Katingan Saiful dan juga kepada kepala DLH setempat Yobie Sandra atas dianggarkannya pengadaan beberapa unit dum truck untuk armada angkutan sampah pada tahun anggaran 2024 ini. Sehingga, bisa mempercepat angkutan sampah di Kabupaten Katingan ini. Termasuk mempercepat angkutan sampah dari TPS ke TPA di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Terkait perlunya penambahan armada angkutan sampah di Tumbang Samba yang dikemukakan oleh Pj Bupati Katingan yang diungkapkannya pada saat melakukan sidak ke tumpukan sampah di tahun 2023 yang lalu, kini sudah terwujud. Begitu pula TPS Ambrolnya. “Terimakasih pa Saiful,” ucap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Di tempat terpisah, beberapa bulan yang lalu, Pj Bupati Saipul pernah melakukan sidak ke tumpukan sampah di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Dengan menyaksikan tumpukan sampah tersebut, menurutnya, di Tumbang Samba ini perlu penambahan armada angkutan sampah untuk mengangkut sampah dari TPS ke TPA. “Semoga dengan pengadaan armada angkutan sampah ini bisa menjadi salah satu solusi mempercepat angkutan sampah dari TPS ke TPA,” harap Saiful. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait