DPRD Pertanyakan lampu PJU di Kasongan Yang Tidak Menyala

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Muhamad Efendi S Hut.(Media Dayak/Ist)
 
Kasongan, Media Dayak 
 
 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Muhamad Efendi S Hut mempertanyakan lampu 
Penerangan Jalan Umum (PJU) di kota Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan yang sempat berbulan-bulan tidak menyala pada malam hari, Kamis (23/5/2024). 
 
Padahal kota Kasongan menurut Efendi, merupakan salah satu bagian dari ibukota Kabupaten Katingan, yang seyogyanya harus terlihat terang benderang pada malam hari. “Lampunya ada tapi pada malam hari terlihat gelap gulita,” kata Efendi. 
 
Yang namanya ibukota Kabupaten menurutnya harus terlihat terang benderang. Apalagi Kasongan ini, selain merupakan kota transit, juga merupakan daerah lintasan dari berbagai Kabupaten dan Kota lainnya. Baik dari kota Palangka Raya menuju Sampit, ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dari Kabupaten Kotawaringin Barat dan dari Kabupaten lainnya. Begitu pula sebaliknya. 
 
Yang sangat disesalkan oleh legislator Partai Demokrat ini’ Dinas Perkimtan yang menangani masalah JPU ini domisilinya berada di ibukota Kabupaten, namun masih saja ada sejumlah lampu PJU yang tidak menyala pada malam hari. Bahkan, sampai berbulan-bulan. “Diantaranya PJU di sekitar taman religi yang berdekatan dengan jembatan Sungai Katingan,” sebutnya. 
 
Disamping itu, dirinya juga meminta kepada Dinas Perkimtan agar memasang lampu PJU di sepanjang median jalan di jalan Tjilik Riwut yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tahun lalu. Karena, saat malam hari tiba, median jalan tersebut tidak tampak terlihat oleh para pengendara yang sedang melewati jalan tersebut. “Tujuan dipasangnya lampu PJU di sepanjang median jalan tersebut, dapat mengurangi angka kecelakaan di daerah tersebut,” ujar anggota dewan yang sudah mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Katingan ini ke salah satu partai politik (parpol) ini. (Kas/Lsn)