DPRD Dukung Disdik Melarang Sekolah Memungut Biaya PPDB

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hsrtono, dukung Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan yang melarang seluruh sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Katingan inj untuk memungut biaya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam bentuk apapun juga. Dukungan ini diucapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (14/6).

Alasannya menurutnya, semua biaya untuk PPDB itu sudah dijamin oleh pemerintah, dengan menggunakan sebagian dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Jadi para orangtua murid ketika memasukan putra-putrinya ke sekolah SD, SMP dan bahkan ke SMA sekalipun tidak perlu mengeluarkan biaya satu rupiah pun,” kata Rudi. 

Bahkan, dirinya juga mengaku sepakat jika ada orangtua yang akan mendaftarkan putra-putrinya, tiba-tiba sekolah yang bersangkutan meminta biaya pendaftaran, lalu harus dilaporkan kepada Disdik setempat. “Jika ada seperti itu, Disdik harus memberikan sanksi kepada sekolah yang bersangkutan,” tegas legislator parpol berlambang pohon beringin ini. 

Apa lagi, kita di Kabupaten Katingan ini menurutnya, sudah memiliki Peraturan Daerah Wajib Belajar (Perda Wajar) 12 tahun, yang berarti mewajibkan seluruh masyarakat di bumi Penyang Hinje Simpei ini untuk mengenyam pendidikan sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Artinya, seluruh masyarakat Katingan bukan hanya wajib mengenyam pendidikan saja. “Tapi, mendapatkan pendidikan sejak SD hingga SMA merupakan hak seluruh masyarakat Katingan,” terangnya. 

Makanya, lanjutnya, khusus untuk sekolah yang berstatus negeri tidak ada alasan sekolah yang tidak bisa menerima masyarakatnya yang ingin masuk sekolah dari SD hingga SMA. “Karena, disamping semua biaya pendidikan itu dijamin oleh pemerintah, juga merupakan kewajiban masyarakat untuk menimba ilmu di berbagai jenjang pendidikan,” tandas mantan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Katingan ini. (Kas/Aw)

 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait