DPRD Apresiasi Katingan Peroleh Predikat WTP

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Esenhover

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Esenhover berikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan atas perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion, dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023 yang lalu, dan diberikan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI)  perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diterima oleh Pj Bupati Katingan bersama ketua DPRD Kabupaten Katingan baru-baru tadi.

 
Adapun istilah yang dipakai dari Unqualified Opinion atau predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima oleh Pemkab Katingan dimaksud menurut Esenhover merupakan Laporan Keuangan (LP) yang telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Laporan Arus Kas (LAK), sesuai dengan prinsip akuntasi yang berlaku umum.
 
Sedangkan terkait Penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Kamis siang (30/5) di ruang loby DPRD setempat, usai dirinya bersama dua anggota DPRD lainnya melaksanakan hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Katingan dan jajarannya.
 
Adapun yang membuat Pemerintahan Kabupaten Katingan memperoleh predikat opini WTP untuk kesekian kalinya ini menurutnya, bukan berarti atas kinerja pimpinan saja, tapi juga atas kinerja Sekda, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Katingan beserta pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Katingan serta seluruh elemen masyarakat yang ikut mendukung jalannya roda pemerintahan di bumi Penyang Hinje Simpei ini. 
 
Kendati Pemkab Katingan pada tahun ini memperoleh predikat opini WTP, namun dirinya kembali mengingatkan kepada pimpinan dan seluruh OPD lingkup Pemkab Katingan agar menyelesaikan sejumlah catatan yang diminta oleh fihak BPK RI perwakilan Kalteng. “Sehingga, ke depannya Pemkab Katingan tidak hanya memperoleh predikat WTP Saja, tapi bisa melebih dari WTP,” harap anggota dewan asal Dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait