Dorong Setiap Desa Memiliki Perpusdes

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Siswandi. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Perpustakaan Desa (Perpusdes) bertujuan untuk memfasilitasi akses penduduk desa terhadap informasi dan pengetahuan, meningkatkan literasi masyarakat, mendukung pendidikan, serta mempromosikan budaya literasi di hingga wilayah pedesaan.
 
Oleh karenanya Anggota DPRD Kalteng, Siswandi mendorong sekaligus berharap seluruh desa yang ada di Kalteng ini memiliki Perpusdes.
 
“Lantaran, keberadaan perpusdes sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak-anak yang ada di wilayah perdesaan,” ungkapnya, Kamis (15/2/2024)
 
Dengan adanya Perpusdes lanjutnya, anak-anak dapat memiliki akses yang lebih mudah untuk membaca buku dan mengembangkan minat literasi sehingga memberikan akses terhadap informasi dan pengetahuan yang akan mengurangi kesenjangan dalam akses terhadap sumber daya pendidikan, serta memperkaya kehidupan intelektual dan budaya di lingkungan desa.
 
Diakuinya, di Kalteng sendiri masih terdapat banyak desa yang belum memiliki Perpusdes, sehingga hal ini agar bisa menjadi perhatian pemda di provinsi ini.
 
“Maka dari itu, Pemda harus bisa mendorong desa-desa yang belum memiliki untuk membangun perpusdes, dan jika ada terkendala pada anggaran supaya dapat dibantu,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng ini.
 
Disisi lain, bagi desa yang sudah memiliki Perpusdes, ia meminta agar fasilitas atau sarana prasarana yang ada dapat dikelola dan dirawat dengan baik, sehingga bisa terus memberikan manfaat.(Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait