Dispursip Kalteng Ikuti Bimtek Penyusutan Arsip ANRI

Palangka Raya, Media Dayak

Dalam rangka melaksanakan penyusutan dan penyelamatan arsip, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusutan Arsip yang diadakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Selasa (04/04).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan Undang-Undang Nomor : 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, penyusutan arsip yaitu kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna, dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan.

Bimtek membahas tentang penyusutan arsip sebagai strategi mewujudkan bukti akuntabilitas, kepastian hukum dan penyelamatan arsip statis, Jadwal Retensi Arsip (JRA), 

JRA sebagai instrumen penyusutan dan peran organisasi kearsipan dalam penyusutan arsip, pemindahan arsip, pemusnahan arsip dan penyerahan arsip ke lembaga kearsipan berdasarkan JRA.

Bimtek Penyusutan Arsip JRA menjadi sarana diskusi atas temuan kendala yang ditemukan pada saat melakukan kegiatan pengarsipan

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI Desi Pratiwi menyampaikan bahwa seluruh peserta bimtek agar dapat mempelajari secara seksama kegiatan penyusutan arsip dan membawa dampak positif bagi seluruh organisasi perangkat daerah untuk mengolah arsip dinamis dan lembaga kearsipan daerah untuk dapat menyelamatkan arsip statis secara nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Dispursip Provinsi Kalteng Nunu Andriani Edy Pratowo menambahkan dengan adanya kegiatan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar mampu mengelola kearsipan dan mengembangkan kompetensi di Dispursip Kalteng.

“Selain berfokus pada pengembangan kompetensi, bimtek tersebut juga menjadi sarana diskusi atas temuan kendala yang ditemukan pada saat melakukan kegiatan pengarsipan. Sehingga ke depannya, diharapkan pelaksanaan kegiatan penyusutan dan penyelamatan arsip di lingkungan Pemprov Kalteng akan lebih maksimal dan memberikan hasil yang lebih baik lagi,”kata Nunu saat ditemui di Ruang Kerjanya. (MMC/Ytm/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait