Disnakertranskop UKM Barut Kembali Gelar Pelatihan Berbasis Komputerisasi

BERSAMA PESERTA PELATIHAN-Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur bersama para Kabid foto bersama para peserta pelatihan operator komputer muda di aula dinas setempat, Senin (24/6/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara kembali menggelar kegiatan pelatihan berbasis komputerisasi operator komputer muda, di aula Dinas Nakertranskop UKM setempat, Senin (24/6/2024).

 

Dalam kegiatan pelatihan operator komputer muda tersebut diikuti sebanyak 32 orang peserta yang dibagi dalam dua kelas. Dalam satu kelas diisi 16 orang peserta. Peserta berasal dari Kecamatan Teweh Tengah, Teweh baru, Teweh Selatan, Lahei, Montallat dan Kecamatan Gunung Timang.

 

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur mengatakan kegiatan peningkatan SDM memiliki arti yang sangat penting dilakukan, baik terhadap tenaga kerja, wirausaha, pelaku koperasi dan UMKM dan pemuda pemudi di daerah ini. Semua ini dalam upaya peningkatan kompetensi dan produktifitas tenaga kerja agar profesional, berdaya guna dan mampu bersaing memasuki dunia usaha atau di dunia kerja.

 

“Melihat peserta pelatihan ini didominasi para anak muda atau kaum millennial. Pemuda merupakan  generasi millennial yang diharapakan mampu dengan cepat dan tepat beradaptasi dengan perkembangan dan pertumbuhan teknologi dan informasi di era sekarang ini, karena generasi millennial mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya,” kata Mastur dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

 

Untuk itu Mastur menjelaskan bahwa kaum millennial di daerah ini, agar terus tingkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan keterampilan dengan demikian diharapkan dapat cepat dan mudah mendapatkan dan menciptakan pekerjaan, yang tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok ekonomi keluarga dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara.        

 

“Hal ini selaras dengan apa yang selalu menjadi penekanan pimpinan Pejabat Bupati Barito Utara Bapak Drs Muhlis, bahwa dalam upaya percepatan pembangunan kualitas SDM, termasuk tenaga kerja, diharapkan adanya sinergi dan kolaborasi. Dengan pihak swasta yang ada wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

 

Kadis Nakertranskop Ukm juga berharap kepada para peserta pelatihan untuk tidak hanya berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan keterampilan atau skillnya secara profesional dan kompetitif disegala bidang, selaras dengan perkembangan yang begitu cepat pada saat ini.

 

“Kepada instruktur atau supervisor saya harapkan sampaikan materi pelatihan dengan mudah dan cepat dimengerti atau dipahami, sehingga dapat diaplikasikan oleh para peserta,” imbuhnya.

 

Sementara Kepala UPTD BLK Barito Utara pada Dinas Nakertranskop UKM, Akurnadi mengatakan dalam kegiatan pelatihan operator komputer muda ini diikuti sebanyak 32 orang peserta, dimana dalam kegiatan ini pesertanya dibagi menjadi 2 (dua) kelas, tiap kelas 16 orang peserta.

 

“Pelatihan dilaksanakan selama 33 hari sejak dibukanya pada hari ini hingga 8 Agustus 2024 tiap hari kerja, hari Sabtu dan Minggu serta tanggal merah para peserta libur,” kata Akurnadi.

 

Dirinya mengharapkan untuk output kegiatan ini adalah operator komputer muda dapat mengoperasikan komputer berupa ketikan Word, Exel dan Power Poin dalam bentuk buku yang dijilid. “Diharapkan kepada para peserta pelatihan agar sungguh-sungguh mengkuti pelatihan ini,” kata dia.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait