Disdik Katingan Gelar Penyusunan Pedoman Tatib Sekolah

Puluhan guru di Kabupaten Katingan mengikuti kegiatan penyusunan pedoman tata tertib (tatib) sekolah, yang dibuka langsung oleh Kepala Disdik setempat Feriso, Selasa pagi (25/6), di aula Disdik setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan gelar penyusunan pedoman tata tertib (tatib) sekolah, yang dibuka langsung oleh kepala Disdik setempat Feriso, Selasa pagi (25/6), di aula Disdik setempat.
 
Pesertanya terdiri dari 214 orang tenaga pendidik (guru) dan kepala sekolah Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Katingan. Gelombang pertama sebanyak 70 orang, gelombang kedua sebanyak 70 orang dan gelombang ketiga sebanyak 74 orang. 
 
Kepala Disdik Kabupaten Katingan, Feriso dalam sambutannya menjelaskan tentang tujuan digelarnya kegiatan ini, yaitu untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, meningkatkan ketangguhan sekolah, membentuk mental, moral dan watak peserta didik. “Agar menjadi kebiasaan berbuat disiplin dan menanamkan berbagai norma luhur untuk dilaksanakan dan norma tuna susila yang wajib dihindari,” kata Feriso. 
 
Selain itu, lanjutnya, terciptanya keamanan, ketentraman dalam lingkungan sekolah, melatih peserta didik menjadi individu yang bertanggung jawab dan peserta didik dapat mengetahui batasan-batasan aturan sekolah. 
 
Adapun mamfaat tatib sekolah dimaksud menurutnya, untuk menjaga lingkungan sekolah, utamanya untuk peserta didik dalam menjaga kenyamanan sekolah. Sehingga, dapat mengontrol aktivitas peserta didik dan meminimalisir prilaku yang dapat merugikan lingkungan. Sehingga’  keamanan lingkungan tetap terjaga. “Disamping itu, bermamfaat pula untuk menghilangkan kecemburuan sosial dan meningkatkan rasa kebersamaan,” terang mantan kepala Disdukcapil ini. 
 
Di tempat yang sama, kepala bidang (kabid) Pembinaan SD, Hartawan yang juga selaku ketua panitia dalam kegiatan ini dalam laporannya menyebutkan, waktu pelaksanaannya untuk gelombang pertama sejak 24 hingga 26 Juni 2024, gelombang kedua sejak 27 hingga 29 Juni 2024 dan gelombang ketiga sejak 1 hingga 3 Juli 2024.  “Tempatnya di aula Disdik setempat,” sebut Hartawan. 
 
Sedangkan nara sumber yang menyampaikan materi kegiatan ini menurutnya, Drs Hasan MPd, Wanto S Si MPd dan Agus Subekti STP M AP yang berasal dari BPMP Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), serta kepala sekolah SDN 1 Pendahara. (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait