Disdik Gelar Bimtek Penguatan Guru SD Kelas Awal Menyenangkan

Kabid Pembinaan SD Disdik Kabupaten Katingan, Hartawan SPd mewakili kepala Disdik setempat Feriso SE saat membuka kegiatan bimtek penguatan untuk SD Kelas Awal Yang menyenangkan, Selasa pagi (7/5/2024), di aula kantor Disdik setempat.(Media Dayak/Ist)
 
Kasongan, Media Dayak 
 
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan gelar bimbingan teknis (bimtek) penguatan untuk guru Sekolah Dasar (SD) kelas awal atau kelas 1 dan 2 menyenangkan, Selasa pagi (7/5/2024), di aula kantor Disdik setempat. 
 
Kepala Disdik Kabupaten Katingan,  Feriso SE, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh kepala bidang (kabid) Pembinaan SD, Hartawan SPd mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberantas mis konsepsi tentang kemampuan baca, tulis dan hitung (calistung) pada pendidikan dasar kelas awal serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya membangun kemampuan fondasi secara bertahap. “Agar, tercapainya mamfaat pembelajaran,” katanya. 
 
Sedangkan target yang ingin dicapai dari kegiatan ini menurutnya, selain untuk menghilangkan tes calistung dalam penerimaan siswa baru, juga menerapkan dua minggu pertama untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan mendorong satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD untuk menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan dalam membangun kemampuan fondasi. 
 
Sementara hasil yang diharapkan dari bimtek ini menurutnya, selain saat penerimaan peserta didik baru pada SD tidak menerapkan tes kemampuan calistung serta tes dalam bentuk lainnya, juga tidak melabelkan anak berdasarkan capaiannya serta pentingnya dukungan dari rumah dalam komunikasi dengan orangtua/wali murid. “Sehingga anak mendapatkan pengalaman pembinaan yang berkesinambungan sejak di satuan pendidikan hingga di rumah,” terangnya. 
 
Di tempat yang sama, ketua panitia kegiatan bimtek, Lutfi dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini, yaitu berjumlah 184 orang yang terdiri dari unsur guru kelas 1 dan 2. Dari 84 orang peserta dibagi dalam tiga gelombang kegiatan, diantaranya peserta gelombang pertama berjumlah 60 orang yang direkrut dari 31 sekolah dan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2024. Gelombang kedua berjumlah 64 orang dari 31 sekolah, dilaksanakan pada 13 hingga 15 Mei 2024, dan gelombang ketiga berjumlah 60 orang dari 30 sekolah dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 18 Mei 2024. 
 
Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi pada kegiatan ini, lanjutnya, diantaranya Wanto S SPd MPd, Fifi Wahyuningsih S Si, Aminah SPd MPd dan Ety Ariani SPd MPd dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). “Khusus untuk peserta diinapkan di Hotel Citra Katingan – Kasongan selama tiga hari,” kata Lutfi. (Kas/Lsn)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait