Direktur PDAM  Harus Orang Profesional

Anggota DPRD Gumas Untung Jaya Bangas. (Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak 

Bacaan Lainnya

Akhir Juni 2022, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bahalap Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Guntur J Ruben masuki masa pensiun. Tentunya akan dilakukan proses seleksi dalam memilih dan menentukan jabatan direktur yang baru.

“Siapapun yang menjabat direktur PDAM ke depan, kami (DPRD) harap haruslah benar-benar orang yang profesional dan cakap dalam bekerja. Direktur yang mampu menjalin kerja sama dengan Legislatif dan Eksekutif serta masyarakat,” kata anggota DPRD Gumas Untung Jaya Bangas, Kamis (12/5).

Menurut Untung, Direktur PDAM Ke depan harus menguasai manajamen, baik itu internal maupun dalam hal pengelolaan PDAM. Dengan begitu, PDAM akan bisa berdiri sendiri dan mandiri.

”Direktur PDAM yang baru harus kreatif, inovatif dan memiliki jiwa manajerial yang baik, sehingga pengelolaan PDAM berjalan baik dan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat,” terang Untung.

Legislator cukup vokal itu lebih lanjut menyatakan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas sudah memberikan dana miliaran rupiah kepada PDAM sebagai penyertaan modal.

Tentunya dana itu harus dimanfaatkan dengan baik, setidak-tidaknya bisa kembali modal, pelayanan kepada pelanggan meningkat, serta pegawainya sejahtera.

”PDAM bergerak dalam bidang sosial dan jasa. Beda dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Gunung Mas Perkasa. Kami maklumi jika PDAM masih belum memberi kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutur Untung.

Legislator dua periode dari daerah pemilihan (dapil) III Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa ini menekankan dalam proses seleksi Direktur PDAM nantinya, jangan memilih orang yang tidak sesuai, atau karena ada hubungan keluarga.

”Kita tidak boleh menafikan, Direktur PDAM harus orang yang profesional. Karenanya,  jangan memilih seseorang untuk menjadi Direktur PDAM karena dia seorang mendukung atau orang terdekat. Pilih karena keprofesionalannya,” seru Untung menutup. (Nov/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.