Dinas P-3APPKB Kapuas Gelar Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024

Suasana Kegiatan dan Sambutan Pimpinan Kegiatan. (Media Dayak/dp3appkb)

 Kuala Kapuas , Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas menggelar Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) Tahun 2024 di Aula Bappedalitbang Kabupaten Kapuas.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 23-24 Mei 2024 tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Septedy, M.Si. Adapun juri dalam kegiatan ini terdiri dari Dra. Sri Herliati yang merupakan Pembina Genre Tingkat Kabupaten Kapuas, Psikolog Naomi Imaniar, M. Psi., dan Marsello Nicolas Penasehat Internal Forum Genre Kabupaten Kapuas.    

Hadir dalam Acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Kapuas, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kapuas, Dinas Kesehatan Kab. Kapuas Perwakilan dari Kementerian Agama Kab. Kapuas, Perwakilan Disparbudpora, Dinas Kominfosanfik, Camat Selat dan Ketua TP. PKK Kec. selat Camat Basarang dan Ketua TP. PKK Kec. Basarang, Kepala Sekolah SMAN/MAN Kapuas, Pembina PIK-Remaja, Orang Tua Peserta, Jagau Linga dan Bawi Kameloh Pariwisata dan OPD lainnya.    

Pj. Bupati dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, mengatakan saat ini pemerintah sedang terus berupaya meningkatan kualitas SDM, melalui pencegahan stunting, karena penting untuk kualitas daya saing generasi ke depan, menyongsong bonus demografi Indonesia Emas 2045.

“Kita diingatkan bahwa generasi muda adalah harapan bangsa, dan kualitas mereka adalah kunci utama dalam mencapai kesejahteraan bangsa melalui bonus demografi. Perencanaan yang baik mencakup berbagai aspek, mulai dari kesiapan usia, emosi, fisik, hingga kesiapan intelektual dan finansial,” ujar Septedy.

Namun, tidak kalah pentingnya adalah peran strategis remaja dalam pencegahan stunting dari hulu. Dengan mempersiapkan diri menjadi generasi yang sehat dan berpengetahuan, remaja dapat memberikan kontribusi besar dalam mengurangi angka stunting, yang dimulai dari perilaku dan kebiasaan sehat sejak dini.

Sekda Kapuas percaya, melalui program GenRe dan kegiatan-kegiatan seperti pemilihan duta ini, dapat menyediakan platform yang tepat untuk remaja agar lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan. Duta GenRe yang terpilih nantinya diharapkan dapat menjadi role model bagi remaja lainnya, menunjukkan bahwa “Berencana Itu Keren” dan vital untuk kehidupan yang lebih baik.” tambahnya.

Dijelaskan dr.Tri Setyautami, MPHM. bahwa remaja yang usia dari 16 hingga 24 tahun harus memiliki keterampilan yang nantinya mempersiapkan kehidupan berkeluarga. Terutama kesehatan reproduksi dan menjadi role model untuk mengajak teman-teman merencanakan kehidupan yang lebih baik dimasa depan.

“Saya berharap Duta GenRe akan menjadi virus positif bagi generasi muda Kapuas untuk merencanakan kehidupan masa depan yang lebih baik dan menghindari pernikahan dini dan pergaulan bebas,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Grand Final pemilihan Duta genre Tingkat Kabupaten Kapuas, sebanyak  9 calon Duta Genre kembali melewati rangkaian seleksi yang terdiri dari 14 Days Challenge, Tes Tertulis, Tes Wawancara, Tes Kepribadian, Unjuk Bakat serta menjawab pertanyaan yang sudah disediakan oleh tim juri. Setelah melalui seleksi yang ketat, maka terpilihlah – Duta GenRe Putra : Rahmad Fauzan XI IPA 4 PIK-R LAVENDER MAN KAPUAS. – Duta GenRe Putri  Aufaa Fashihah Putri X2 PIK-R LAVENDER MAN KAPUAS.(dp3appkb/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait