Dewan Wanti-wanti Masyarakat Terkait Kejahatan Cyber

Foto : Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalteng Faridawaty Darland Atjeh (Media Dayak Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap ancaman kejahatan cyber yang semakin meningkat. 
 
Peringatan ini disampaikan mengingat banyaknya kasus penipuan online, pencurian data pribadi, dan serangan siber yang terjadi belakangan ini.
 
Politisi Partai NasDem Kalteng ini menyatakan bahwa kejahatan cyber dapat merugikan masyarakat baik secara finansial maupun emosional. 
 
“Kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas di dunia maya. Pastikan untuk tidak mudah memberikan informasi pribadi dan selalu verifikasi sumber informasi sebelum melakukan transaksi online,” ujarnya, Selasa (25/6/2024)
 
Disisi lain ia juga mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi tentang keamanan cyber kepada masyarakat. 
 
Selain itu, perlu adanya kerjasama antara pemerintah, penegak hukum, dan penyedia layanan internet untuk mencegah dan menangani kasus-kasus kejahatan cyber secara efektif.
 
“Pengguna internet harus selalu mengupdate perangkat lunak keamanan, menggunakan password yang kuat, dan tidak mudah tergiur dengan penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Keamanan cyber adalah tanggung jawab bersama, dan kita semua harus berperan aktif dalam melindungi diri dari ancaman ini,” tambahnya.
 
Dengan kewaspadaan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan masyarakat Kalteng dapat terhindar dari dampak negatif kejahatan cyber dan tetap dapat memanfaatkan teknologi informasi secara aman dan produktif.(YM)
 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait