Dewan : Perlu Peningkatan Inovasi dalam Pelayanan Publik

Anggota DPRD kota Palangka Raya Rusdiansyah. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Anggota DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah menekankan pentingnya peningkatan inovasi dalam pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. 
 
Menurutnya inovasi merupakan kunci untuk menjawab tantangan pelayanan publik di era digital ini. “Pemda perlu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan. Ini tidak hanya mempermudah akses bagi masyarakat, tetapi juga meningkatkan akuntabilitas pemerintah,” ujarnya, Rabu (10/7/2024)
 
Ia menyebut beberapa pengembangan aplikasi yang bisa ditingkatkan diantaranya layanan publik berbasis mobile, penerapan sistem informasi manajemen yang terintegrasi, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan workshop. 
 
Selain itu, ia juga berharap adanya kerjasama dengan sektor swasta dan akademisi untuk mengembangkan solusi-solusi kreatif dalam pelayanan publik.
 
Disisi lain ia mengatakan bahwa inovasi harus didukung dengan regulasi yang memadai. “Pemerintah perlu membuat regulasi yang mendukung inovasi, serta memberikan insentif bagi para inovator di bidang pelayanan publik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua upaya inovasi berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat,” katanya.
 
Melalui dorongan ini, diharapkan pemerintah kota Palangka Raya dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal penerapan inovasi dalam pelayanan publik. 
 
“Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah dan menciptakan lingkungan yang lebih transparan dan efisien,” tutupnya (Ytm)Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait