Dewan : Pastikan beli Hewan ditempat yang Berizin

Anggota DPRD kota Palangka Raya Hasan Busyairi .(Media Dayak/Ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Anggota DPRD kota Palangka Raya Hasan Busyairi mengimbau masyarakat yang hendak berkurban agar membeli hewan kurban di tempat yang berizin, hal tersebut dinilai sangat penting untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan hewan serta mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.
  
“Pasalnya sangat penting memastikan bahwa sapi yang dibeli oleh masyarakat adalah sapi berkualitas baik dan berasal dari sumber yang terpercaya,” ujarnya, Senin (3/6/2024).
Ia memberikan tips, beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sapi yang digunakan untuk kurban, diantaranya cari penjual atau tempat penjualan yang memiliki izin resmi dari dinas peternakan atau instansi terkait di daerah daerah ini.
 
“Tempat penjualan yang berizin biasanya memiliki fasilitas yang memadai untuk merawat hewan, seperti kandang yang bersih dan cukup luas, serta akses ke air dan makanan yang cukup termasuk kualitas dan kebersihan ternak, hingga kesehatan ternak,” ujarnya.
 
Kemudian, tempat kurban memenuhi standar dan regulasi yang diperlukan bisa membuat masyarakat dapat lebih yakin bahwa ternak yang dibeli akan digunakan aman untuk kurban.
 
“Dengan membeli hewan kurban di tempat yang berizin, masyarakat membantu mendukung praktik peternakan yang baik dan memastikan bahwa ibadah kurban yang dilakukan sesuai dengan syariat dan hukum yang berlaku,” tutupnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait