Dewan Kalteng Dorong Pemda Perhatikan Sektor Pertanian

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sudarsono. (Media Dayak/DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Sudarsono mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk lebih memperhatikan sektor pertanian di wilayah tersebut. 
 
Ia menyebut bahwa sektor pertanian memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun hingga saat ini masih banyak tantangan yang dihadapi oleh para petani.
 
Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh petani adalah kurangnya akses terhadap sarana dan prasarana pertanian yang memadai.
 
“Banyak petani yang masih kesulitan mendapatkan pupuk, bibit unggul, dan alat pertanian modern. Selain itu, infrastruktur pendukung seperti irigasi juga masih perlu ditingkatkan,” ujar Sudarsono 
 
Ia menambahkan, pemerintah harus melakukan upaya nyata untuk memberikan bantuan kepada petani, baik dalam bentuk subsidi, pelatihan, maupun akses kepada pasar yang lebih luas. 
 
“Peningkatan produksi pertanian harus dibarengi dengan adanya jaminan pasar sehingga petani tidak kesulitan menjual hasil panennya,” tuturnya.
 
Ia juga mengharapkan agar pemerintah memperkuat kerja sama dengan pihak swasta dan institusi pendidikan dalam mengembangkan teknologi pertanian yang lebih canggih dan ramah lingkungan. 
 
“Penggunaan teknologi modern akan sangat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian. Kami berharap pemerintah dapat memfasilitasi transfer teknologi ini kepada petani,” tambahnya.
 
Dikatakannya, sektor pertanian di Kalteng memang memegang peran penting dalam perekonomian daerah, terutama dalam penyediaan lapangan kerja dan ketahanan pangan.
 
“Oleh karena itu, perhatian dan dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan sejahtera bagi masyarakat Kalteng,” tutupnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait