Dewan Dorong UMKM Urus Kepemilikan Sertifikasi Halal

 
Anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita .(Media Dayak/ IsenMulang)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita mendorong pelaku usaha, terutama UMKM di kota setempat untuk mengajukan sertifikasi halal. Hal itu menyusul adanya program sertifikat halal gratis dari pemerintah, melalui Kementerian Agama.
 
“Kepemilikan label atau sertifikat halal ini akan sangat membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya untuk naik kelas,” ungkap Ruselita, Senin (20/3/2023) di Palangka Raya.
 
Lebih lanjut Ruselita mengungkapkan, sertifikasi halal menjadi kunci agar para pelaku UMKM bisa bersaing di kancah nasional hingga internasional.
 
“Kalau UMKM ingin maju, skala berpikirnya jangan hanya dalam kota atau lokal saja. Salah satu syarat ekspor itu adalah sertifikasi halal. Makanya perlu untuk bersaing ke pasar yang lebih luas,” tambahnya.
 
Dikatakan, sertifikasi halal memiliki tambahan nilai bagi pelaku UMKM terhadap usaha-usaha yang mereka lakukan. Oleh karena itu manfaatkan segera program sertifikasi halal gratis yang merupakan program pemerintah.
 
“Segera miliki label halal karena dapat mendatangkan profit yang menguntungkan bagi pengusaha atau pelaku usaha kecil, dalam membuka peluang pemasaran dengan jangkauan ekspor,” tambahnya.
 
Disampaikan, untuk mendapatkan fasilitas sertifikat halal tersebut para pelaku UMKM bisa mendaftarkan melalui pendamping produk halal (PPH), yang sudah ditunjuk oleh lembaga. (MCIM/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait