Dewan Dorong Penguatan BumDes

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Yohannes Freddy Ering. (Media Dayak /Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Yohannes Freddy Ering mendorong penguatan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di tingkat desa. 
 
Ia mengungkapkan bahwa BumDes memiliki peran strategis dalam menggerakkan roda ekonomi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“BumDes adalah instrumen penting untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal. Kami mendorong setiap desa untuk mengoptimalkan keberadaan BumDes sebagai motor penggerak perekonomian desa,” ujar Yohannes Freddy Ering di Palangka Raya, Rabu (3/7/2024).
 
Ia menjelaskan bahwa BumDes dapat menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas dan dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk memastikan BumDes beroperasi dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.
 
“Harapan kami pemerintah daerah dapat memberikan pelatihan, pendampingan, serta akses permodalan yang memadai untuk mendukung BumDes. Sinergi antara pemerintah, DPRD, dan masyarakat desa sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” tambahnya.
 
Selain itu, ia juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan BumDes. “Pengelolaan yang transparan dan akuntabel akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BumDes, sehingga partisipasi dan kontribusi mereka akan semakin besar,” katanya.
 
Dengan langkah-langkah konkret dan dukungan dari berbagai pihak, DPRD Kalteng optimis bahwa penguatan BumDes akan mampu meningkatkan perekonomian desa, mengurangi kemiskinan, dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat di Kalteng (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait