Dewan Dorong Pemda Gencar Sosialisasi Sertifikat Halal 

Anggota DPRD kota Palangka Raya Jhonny rianto Putra. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Sertifikat halal bertujuan untuk menjamin bahwa produk atau layanan telah diproduksi atau disediakan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dan tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan dalam agama Islam. Hal itu akan memberi keyakinan kepada konsumen Muslim bahwa produk tersebut halal untuk dikonsumsi atau digunakan.
 
Manfaat dari sertifikat halal termasuk memberikan keyakinan kepada konsumen serta meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mendukung prinsip-prinsip keselamatan pangan dan keadilan dalam produksi dan penyediaan produk.
 
Oleh karenanya Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya Jhonny rianto Putra meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk gencar melakukan sosialisasi terkait sertifikasi halal kepada para pelaku usaha di Kota Palangka Raya. 
 
“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya sertifikasi halal untuk produk yang dijual. Lantaran, sertifikasi halal merupakan hal yang penting bagi masyarakat, terutama umat Muslim,” jelasnya, Rabu (8/5/2024)
 
Ditegaskan, halal dapat memberikan jaminan kehalalan suatu produk, sehingga masyarakat dapat mengonsumsi produk tersebut dengan tenang dan yakin. Kami mendorong Pemko Palangka Raya untuk gencar melakukan sosialisasi terkait sertifikasi halal kepada para pelaku usaha di Palangka Raya.
 
“Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya sertifikasi halal. Disisi lain sertifikasi halal tidak hanya penting bagi masyarakat Muslim, tetapi juga dapat menjadi daya tarik bagi konsumen non-Muslim. Dengan adanya sertifikasi halal, konsumen dapat memiliki kepercayaan terhadap produk yang dikonsumsi,” tuturnya. 
 
Lebih lanjut, Jhonny juga menekankan bahwa sertifikasi halal dapat meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Palangka Raya, khususnya bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman.
 
“Upaya yang dilakukan Pemko diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Palangka Raya,” terangnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait