Dewan Dorong Pemda Berupaya Optimalisasi Potensi Daerah

 
 Anggota DPRD kota Palangka Raya Tantawi Jauhari .(Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Anggota DPRD Kota Palangka Raya Tantawi Jauhari mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah ini untuk terus berupaya maksimal dalam mengoptimalkan potensi daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 
 
Tantawi menegaskan bahwa Kota Palangka Raya memiliki banyak potensi yang belum tergali dengan optimal. “Kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, sektor pariwisata yang potensial, serta keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang perlu didorong lebih jauh,” ujarnya, Kamis (27/6/2024)
 
Ia juga menyebutkan beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan potensi daerah. Pertama, Dewan Kota mengusulkan agar Pemda lebih aktif dalam mempromosikan destinasi wisata lokal. 
 
“Kita harus bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Palangka Raya. Ini tidak hanya meningkatkan PAD, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” katanya lagi 
 
Selain itu, pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan menjadi fokus utama. Ia juga meminta Pemda untuk membuat kebijakan yang mendukung pengelolaan sumber daya alam dengan baik tanpa merusak lingkungan.
 
Inovasi di sektor pertanian dan perkebunan juga menjadi perhatian utama. “Pertanian dan perkebunan adalah sektor yang sangat potensial di daerah kita. Dengan teknologi dan inovasi, kita bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian,” tambahnya.
 
Disisi lain ia juga menekankan pentingnya mendukung UMKM lokal. “Pemberdayaan UMKM harus menjadi prioritas. Mereka adalah tulang punggung ekonomi lokal dan perlu difasilitasi agar bisa berkembang,” jelasnya.
 
Terakhir, infrastruktur yang baik adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya ia meminta Pemda untuk terus meningkatkan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya.
 
Dengan mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi-potensi tersebut, diharapkan PAD Kota Palangka Raya dapat meningkat secara signifikan. “Lantaran peningkatan PAD adalah tanggung jawab kita bersama,” tutupnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait