Dewan Berharap Pendidikan Di Kalteng Memenuhi SPM

 
 Anggota DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing (Media Dayak /Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Standar pelayanan minimal (SPM) Pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap Peserta Didik secara minimal. 
 
Terkait hal tersebut Anggota DPRD provinsi Kalteng, Duwel Rawing berharap kepada pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi kabupaten dan kota supaya dapat memenuhi SPM di setiap sekolah yang ada di Kalteng secara merata.
 
“Sebagaimana diketahui SPM pendidikan ditentukan melalui beberapa hal, antara lain ketersediaan tenaga guru, sarana dan prasarana, serta fasilitas kegiatan belajar mengajar yang memadai,” ujarnya, Rabu (5/4/2023).
Sedangkan faktanya kata Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalteng ini melanjutkan, banyak sekolah di Kalteng yang memang belum memenuhi standar tersebut.
 
Duwel menyebut dengan SPM sekolah yang masih belum merata di wilayah Kalteng, sangat dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
“Karena pasti akan berdampak pada kualitas SDM, khususnya bagi sekolah yang belum memenuhi SPM serta berpengaruh terhadap implementasi program Merdeka Belajar. Jangan sampai, lulusan dari sekolah belum memenuhi SPM akan kesulitan untuk bersaing,” tegasnya.
 
Pada sisi lain, politisi PDI-Perjuangan Kalteng ini mengakui bahwa pihaknya akan terus mendorong pemda melalui Dinas Pendidikan untuk fokus mengarahkan setiap sekolah dalam meningkatkan SPM.
 
“Sehingga lulusan dari sekolah tersebut benar-benar terjamin kualitasnya dan mampu bersaing dalam menghadapi dunia kerja. Terlebih, dengan kewenangan untuk menetapkan kelulusan diberikan kepada sekolah, maka SPM sekolah termasuk yang ada di wilayah pelosok menjadi suatu hal yang penting untuk memastikan SDM memiliki kualifikasi unggul dan mampu bersaing,” tutupnya (Ytm/ Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait