Dewan Berharap Museum Mampu Menjadi Obyek Pengenalan Sejarah Daerah

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sri Neni Trianawati (Media Dayak/DPRD Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Sebagaimana diketahui museum adalah tempat yang menampilkan koleksi objek seni, sejarah alam, budaya, atau ilmiah untuk tujuan pendidikan dan hiburan.
 
Biasanya tujuan adanya museum ialah untuk melestarikan, menginterpretasikan dan membagikan pengetahuan tentang warisan manusia serta alam kepada masyarakat yang bermanfaat juga bagi pendidikan, penelitian, dan penghargaan terhadap kebudayaan dan pengetahuan manusia.
 
Oleh karenanya, Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati menyampaikan harapannya, terhadap museum yang ada di Kalteng bisa menjadi objek pengenalan sejarah bagi masyarakat bahkan wisatawan yang berkunjung di Bumi Tambun Bungai.
 
“Jadi sangat diharapkan museum yang kita miliki bisa dikembangkan secara maksimal oleh Pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait,” ujarnya, Sabtu (20/4).
 
Ia menyebut, pengembangan museum sangat penting agar bisa tetap eksis serta memiliki daya tarik bagi pengunjung, sebab didalam museum tentunya banyak memiliki nilai-nilai positif yang berkaitan dengan sejarah.
 
“Museum ini kan tempat menyimpan benda-benda bersejarah dimasa lalu, sehingga penting untuk terus dikembangkan, bahkan kita berkeinginan setiap daerah di Kalteng ini memiliki museum,” terangnya.
 
Diakui, dalam hal mengembangkan museum, Kalteng tentunya perlu banyak belajar dengan provinsi lain misalnya saja seperti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki museum Sonobudoyo.
 
“Saat kami melaksanakan kunjungan ke museum Sonobudoyo DIY beberapa waktu lalu, kami melihat bahwa perkembangan musem tersebut sangat bagus dan bisa menjadi contoh bagi Kalteng,” bebernya.
 
Ia mengungkapkan, benda-benda bersejarah di sana dirawat dengan baik serta yang paling penting selalu dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan. Tentu dari segi pengembangannya bisa diimplementasi di provinsi ini,” tutupnya berharap (YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait