Dewan Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Serentak di Katingan

Waket I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP
 
Kasongan, Media Dayak
 
 Jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di puluhan Desa se Kabupaten Katingan, Selasa (23/12/2021) kemaren berlangsung lancar, sukses, aman dan kondusif.

Dengan demikian, Wakil Ketua Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nanang Suriansyah SP, saat ditemui, Kamis pagi (25/11) tadi, kepada sejumlah awak media mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada masing-masing panitia penyelenggara di masing-masing desa. “Juga kepada Pemkab Katingan serta kepada Dinas PMD setempat,” kata Nanang.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, apa yang dikhawatirkan bahwa, jelang hari H suhu politik akibat Pilkades terjadi konflik dan hal-hal yang tidak kita inginkan, faktanya tidak terjadi. Hal ini menurut Nanang, berkat dukungan semua fihak. Baik dari panitia penyelenggara di lapangan, jajaran muspika, hingga instansi terkait yang menangani pelaksanaan Pilkades itu sendiri. “Termasuk juga Polisi Pamong Praja, Polisi dan TNI yang selalu berada di lapangan,” ujar leslgislstor parpol berlambang pohon beringin ini.

Hal ini, lanjutnya, juga berkat kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi. Artinya, masyarakat Katingan sudah dapat membuktikan kedewasaannya dalam berpolitik. “Semoga saat pleno hingga pelantikan nanti, juga berjalan lancar, aman dan kondunsif,” harapnya.

Di tempat terpisah, Rudi Hartono yang juga anggota DPRD setempat, dalam pernyataannya bukan hanya mengacungkan jempolnya saja, melainkan juga menyatakan kekagumannya kepada masyarakat Katingan. Karena, dari 42 Desa yang melaksanakan Pilkades, puluhan ribu masyarakatnya turun ke TPS untuk mengambil hak pilihnya,” ujar Rudi.

Setelah usai penghitungan hasil suara pun tidak ada protes dan lain sebagainya. Mereka mengakui jika calon yang didukungnya kalah vs rivalnya atupun sebaliknya. “Ini menandakan bahwa masyarakat kita sudah semakin dewasa dalam berpolitik di daerah kita,”  aku anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Terkait dengan pelantikan Kades terpilih nantinya, dirinya berharap kepada semua masyarakat di masing masing Desa, utamanya Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2021 ini, agar bisa saling mendukung semua kebijakan Kades terpilih kelak. “Tidak hanya pendukungnya saja, melainkan juga rivalnya,” ingat anggota dewan yang pernah memimpin salah satu media lokal di bumi Penyang Hinje Simpei ini. (Ist/Lsn) 

 
image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.