Damkarmat Sosialisasikan Cara Menggunakan APAR

Sejumlah pasukan Damkarmat, bidang Damkarmat di Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan saat mensosialisasikan APAR, sekaligus memberikan pelatihan tata cara penggunaannya kepada beberapa orang karyawan dealer Honda yang ada di Kasongan, Jum’at (14/6/2024) kemarin.(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 
Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) di Sat Pol PP dan Damkarmat) Kabupaten Katingan, Yoshua Prastika ST bersama jajarannya mensosialisasikan cara memadamkan kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada karyawan dealer Honda di jalan Ketunen – Kasongan, Jum’at (14/6/2024) kemarin. 

Menurut Yoshua, pihak dealer awalnya bermohon kepada Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, mensosialisasikan APAR dimaksud kepada karyawannya. “Kemudian, kami respon. Dan, pada hari ini kita laksanakan sosialisasinya,” kata Yoshua.

Bacaan Lainnya

Sedangkan tujuannya menurut Yosua, agar semua karyawan di dealer tersebut mengerti dan faham cara menggunakan APAR tersebut, bila terjadi kebakaran kecil di dealer tersebut. Artinya, sebelum kebakaran menjadi besar, APAR bisa dengan cepat, mampu memadamkannya. Tapi, jika APAR sebagai salah satu persyaratan di dealer tersebut, namun tidak ada satu karyawanpun yang bisa menggunakannya berarti sebanyak apapun APAR yang dimiliki dealer tidak akan mampu memadamkan kebakaran sekecil apapun di dealer tersebut. 

Oleh karena itu, ketika tersedianya APAR di dealer tersebut, semua karyawannya harus bisa menggunakannya. Sehingga, tidak sampai kebakaran membesar. “Dan, dengan faham dan mengerti tata cara menggunakan APAR tersebut, disamping dapat meminimalisir kerugian, berarti sama dengan membantu bagian dari pekerjaan kami,” terangnya. 

Terkait kegiatan ini, dirinya juga bersedia jika ada dealer-dealer atau perusahaan lainnya yang rentan terjadinya kebakaran, untuk memberikan sosialisasi pelatihan dan penyuluhan tata cara memadamkan kebakaran, termasuk tata cara menggunakan APAR dimaksud. “Sehingga, sebelum kebakaran membesar, dengan menggunakan APAR kebakaran di tempat kerjanya sudah bisa dipadamkan,” pungkas mantan ASN di Dinas PUPR ini. (Kas/Lsn)

 
 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait