Cerminan Buruk Perilaku Buang Sampah Harus Jadi Perhatian Serius

Dadang Siswanto
Sampit, Media Dayak
 Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur,  Dadang Siswanto menyayangkan  kondisi sampah di objek wisata Ujung Pandaran. Menurutnya hal itu adalah cerminan buruk dengan tidak memperhatikan kebersihan pantai itu sendiri. Selain itu juga pihak pengelola juga setengah hati menggarap sector itu sehingga tidak menyediakan  tempat dan kantong sampah di bibir pantai tersebut.
 “Ini perlu menjadi perhatian serius bersama. Jangan sampai pantai yang menjadi kebanggaan kita itu kotor dan membuat wisatawan tidak mau lagi datang berkunjung, nanti daerah dan pedagang juga rugi,” kata Dadang.
Dadang menekankan kepada pengelola di pantai itu harus aktif menyampaikan untuk pembuangan sampah harus pada tempatnnya. Apalagi sudah kea rah bisnis dengan orientasi profit tentunya untuk kebersihan pantai memangf harus diperhatikan dan diprioritaskan.
Dadang tidak ingin fenomenal Pantai Ujung Pandaran yang baru bertumbuh menjadi objek wisata ini dirusak dengan perilaku-perilaku membuang sampah di pantai tersebut. Pemerintah daerah kedepannya perlu membuat regulasi kepada pengelola  objek wisata untuk hal kewajiban dan tanggung jawab yang wajib dilaksanakan.
 
“Kalau kebiasan buang smapai dipantai seperti itu tidak  diedukasi maka kedepannya kultur seperti itu akan merusak dan orangf luar daeraha akan enggan berkunjung yang rugi siapa pada akhirnya yaitu pengelola dan masyarakat disitu juga,”tegas dia.
Pernyataan itu disampaikan Ketua Fraksi PAN itu menanggapi beredarnya video seorang perempuan yang diduga merupakan salah satu pedagang di Pantai Ujung Pandaran yang seenaknya membuang sampah ke pinggir pantai. Dalam video disebutkan peristiwa itu terjadi pada Rabu (4/5) malam.
 
Seorang perempuan tanpa merasa bersalah, membuang sejumlah bungkusan berisi sampah ke pinggir pantai. Dia bergeming padahal pengunjung sudah mengingatkannya untuk tidak membuang sampah ke pantai. Tindakan yang dinilai tidak baik itu pula yang menjadi alasan seorang pengunjung merekam kejadian itu hingga videonya beredar dan viral.
Menurut Dadang, kejadian ini harus segera disikapi. Perlu tindakan cepat untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat, termasuk pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan Pantai Ujung Pandaran agar wisatawan merasa nyaman sehingga akan kembali berwisata ke pantai tersebut.
“Selain itu, penanggung jawab lokasi agar menyediakan dan menambah sebaran tempat sampah. Sementara itu kepada pengunjung diimbau membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan,”tegas  Dadang. (Emi/Lsn)
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.