Bupati Tanggapi Ranperda Inisiatif DPRD Lamandau 

Nanga Bulik, Media Dayak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, DPRD Kabupaten Lamandau menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif Tentang pengakuan dan perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA), belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Atas Ranperda inisiatif Dewan tersebut, Jum’at (27/05), Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, dalam sidang paripurna di ruang sidang DPRD Lamandau menyampaikan tanggapannya. 

Bupati menyebutkan, Pemkab Lamandau sangat  mendukung Ranperda inisiatif yang diajukan DPRD Lamandau tersebut. Sebab itu dirinya segera menginstruksikan kepada Sekda agar segera menyiapkan tim pembahasan anggaran Ranperda itu.

“Melihat pentingnya pembahasan ini, saya instruksikan kepada saudara Sekretaris Daerah untuk menyiapkan tim pembahasan anggaran Ranperda ini dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang diinginkan oleh pemerintah daerah DPRD dan masyarakat kabupaten lamandau pada umumnya,”ungkapnya. 

Bupati juga menambahkan, terdapat beberapa komponen penting, yaitu adanya kewajiban untuk mengakomodir semua masyarakat adat di Kabupaten Lamandau, terakomodirnya sejumlah kelembagaan adat yang ada di Kabupaten Lamandau, pengaturan tentang tata cara kelahiran, pernikahan, kematian, penyambutan tamu, dan pengaturan hal lain yang diatur secara global, serta objek seperti hutan adat yang harus mengacu kepada aturan pemerintah dari tahapan awal sampai dengan keputusan.

“Sehingga dirasa perlu turunan dari Ranperda ini untuk mengatur secara operasional masing-masing masyarakat adat yang ada di wilayah Kabupaten Lamandau,” jelasnya.

Diketahui, Ranperda inisiatif DPRD tentang pengakuan dan perlindungan MHA, didasari oleh sejumlah pedoman yang mengacu kepada peraturan diatasnya atau peraturan yang sudah ada sebelumnya.

Sehingga, menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaannya karena hak dan kewajiban MHA bukan hanya untuk dihormati dan dilindungi tetapi juga untuk dipenuhi oleh pemerintah daerah. (Tin/Rsn)

Facebook Comments Box
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.