Bupati Buka Kegiatan Forum Perangkat Daerah

FORUM PERANGKAT DAERAH-Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat membuka kegiatan forum perangkat daerah di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Rabu (9/1) kemarin.(Dayak Pos/ Lana)

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak

    Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan rancangan rencana strategis (Renstra) Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, di aula BappedaLitbang, Rabu (9/1).  

Dalam sambutannya Bupati Nadalsyah menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh undangan yang berkenan hadir untuk bersama-sama mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya guna perumusan dan penyempurnaan Renstra PD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023.

Hal itu katanya guna mewujudkan Visi Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023 yaitu “Terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan”.

“Yang dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023 harus menjabarkan 5 (lima) misi pembangunan untuk masa kepemimpinan kami yang akan datang yaitu peningkatan infrastruktur dan ketersediaan energi, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pengelolaan sosial, budaya, pariwisata dan lingkungan hidup serta peningkatan pelayanan publik melalui tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance),” kata Nadalsyah.

Visi tersebut merupakan kondisi ideal yang akan dicapai dan diwujudkan bersama selama 5 (lima) tahun ke depan, sedangkan misi tersebut merupakan langkah-langkah dan strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut. “Visi misi tersebut masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas,” jelasnya.

Hal ini jelasnya tentu bukan pekerjaan mudah, tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus dilalui. “Termasuk agenda pada hari ini yaitu forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah dalam rangka penyusunan renstra perangkat daerah tahun 2018-2023,” kata dia.

Lebh lanjut Nadalsyah menjelaskan operasionalisasi RPJMD sepenuhnya berada di Renstra PD, sasaran RPJMD bersifat prioritas sehingga tidak selalu bisa menaungi atau mencerminkan seluruh sasaran atau tugas fungsi perangkat daerah secara lansung.

Keberhasilan pencapaian kinerja/sasaran RPJMD ditentukan secara langsung oleh keberhasilan sebagian Renstra PD yang terkait langsung pada pencapaian visi dan misi kepala daerah dan secara tidak langsung oleh keberhasilan Renstra PD lainnya,” katanya.

Menurutnya, forum ini adalah forum para pemangku kepentingan pelayanan perangkat daerah untuk membahas rancangan renstra perangkat daerah guna mendapatkan masukan bagi penajaman dan penyempurnaan substansi rancangan renstra perangkat daerah.

Kegiatan tersebut dihadir Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Ir H Jainal Abidin MAP, unsur FKPD, kepala perangkat daerah, Camat se Kabupaten Barito Utara serta undangan lainnya.(lna/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *