BUMDes Bersama di Dusun Timur akan Tempati 4 Kios di Pasar Tamiang Layang

MENYAMPAIKAN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial, Barnusa sedang menyampaikan sambutan dalam musyawarah antar desa atau MAD, Kamis (11/11/2021). (Media Dayak/TL/RHF)

Tamiang Layang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

BUMDes Bersama atau BUMDesma yang akan dibentuk di Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, direncanakan akan menempati 4 kios di Pasar Tamiang Layang.

Demikian diungkapkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial, Barnusa saat menyampaikan sambutan dalam musyawarah antar desa atau MAD pembentukan BUMDesma yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Dusun Timur, Kamis (11/11).

“Nanti untuk penataan ruangnya akan dibantu Dinas PUPR sedangkan dana rehabilitasi dianggarkan dari APBD perubahan,”katanya.

Dia menjelaskan, jenis usaha yang akan dijalankan BUMDesma yang dibentuk oleh 16 desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur yaitu ritel atau penjualan barang kebutuhan pokok.

“Pembentukan BUMDesma bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi desa, oleh karena itu diperlukan upaya yang serius dalam pengelolaan BUMDesma agar berjalan secara mandiri, efektif dan efisien,”kata Barnusa.

Menurutnya, pendirian atau pembentukan BUMDesma adalah perwujudan dari ekonomi produksi desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif serta mengusung transparansi dan akuntabel sehingga dapat berkelanjutan atau sustainable.

Barnusa berharap, mereka yang terlibat dalam mengelola BUMDesma betul-betul orang yang profesional serta mampu melakukan inovasi maupun pengembangan usaha.

“Mungkin nanti (BUMDesma) akan menjadi pusat untuk menghidupkan BUMDes-BUMDes di desa, tinggal diatur strategi yang harus dilakukan. BUMDesma diharapkan dapat menjadi penambah pendapatan desa berupa saham-saham yang dimiliki masing-masing desa,”imbuhnya.

Selain Kepala Dinas PMDSos, MAD juga dihadiri Camat Dusun Timur, perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, perwakilan Dinas PUPR Perkim, pendamping desa serta kepala desa dan ketua BPD dari 16 desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur. (TL/RHF)

image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.