Buka Seminar Akhir Kajian Universitas Gadjah Mada

Asisten Ekbang Setda Prov Kalteng Sri Widanarni bacakan sambutan, Jumat (28/6/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Asisten Perekonomian dan Pembanguna (Ekbang) Setda Prov Kalteng Sri Widanarni wakili Gubernur buka Seminar Akhir Kajian Universitas Gadjah Mada (UGM), di Luwansa Hotel, Jumat (28/6/2024).
 
Gubernur Kalteng melalui Asisten Ekbang Sri Widanarni mengatakan dengan adanya kerja sama dengan UGM ini, dapat meningkatkan daya saing Provinsi Kalteng untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, sekaligus menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalteng tahun 2025 sampai 2045.
 
“Kegiatan seminar hari ini menjadi bukti nyata komitmen Pemprov Kalteng melibatkan para Praktisi dan Perguruan Tinggi, untuk bersama-sama bersinergi membangun Kalteng agar mampu menjadi provinsi yang tangguh sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, salah satu contoh kajian kerja sama dengan UGM yang menjadi isu utama yaitu Potensi Pemanfaatan Sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Provinsi Kalteng.
 
”Isu strategis ini sengaja diangkat karena adanya arah kebijakan Provinsi Kalteng dalam rancangan RPJPD Tahun 2025-2045, yang salah satunya mendorong Kalteng sebagai lumbung energi Nasional,” imbuhnya.
 
”Energi Baru Terbarukan sendiri juga menjadi salah satu prioritas Nasional dalam rangka mengupayakan transisi energi menuju Net Zero Emission Tahun 2060,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Prov Kalteng Endy Aden menyampaikan dalam laporannya, seminar ini merupakan lanjutan dari MoU antara Gubernur Kalteng dan Rektor UGM.
 
”Diharapkan lima kajian yang diseminarkan ini bisa menjadi landasan dalam penyusunan RPJPD Kalteng tahun 2025-2045. Kami berharap Tim Kajian dapat memenuhi syarat administratif dan juga hasil kajian tersebut dapat dipakai dalam perencanaan pembangunan serta menjawab tantangan kebutuhan masyarakat Kalteng 20 tahun yang akan datang,” tukasnya.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait