BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Cairkan JHT 39,5 Miliar Rupiah selama Triwulan 1 Tahun 2024

BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran, pembayaran iuran maupun pencairan klaim melalui aplikasi aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO. (Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Budi Wahyudi mengatakan jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang tercatat di Kantor Cabang Palangka Raya dan Jajaran, Pada Triwulan 1 tahun 2024 mencapai 3873 klaim, dengan nilai total Rp39,5 Milliar.
 
BPJS Ketenagakerjaan berupaya memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran, pembayaran iuran maupun pencairan klaim. Untuk saat ini sudah mulai bisa melakukan kembali klaim melalui aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO.
 
Jika saldo peserta maksimal Rp10 juta dan sudah melaksanakan pengkinian data, peserta cukup melakukan klaim menggunakan smartphone.
 
Oleh karenanya, pihaknya mengimbau kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Palangka Raya yang usianya sudah mencapai 56 Tahun atau lebih dan saat ini masih bekerja bisa juga mengajukan klaim JHT tanpa harus berhenti bekerja.
 
Budi mengatakan, sebagai bentuk perlindungan sosial, program  BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu instrumen penting dalam penanggulangan kemiskinan.
 
“Ketika pekerja mengalami risiko sosial ekonomi, BPJS Ketenagakerjaan dengan programnya, ada Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kematian, dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, semua program bisa dimanfaatkan dan akan sangat membantu,” kata Budi, Selasa (23/4/2024).
 
Dengan berbagai manfaat program BP Jamsostek tersebut, Budi berharap makin banyak masyarakat, utamanya pekerja, yang terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
 
Pihaknya juga terus berupaya meningkatkan jumlah cakupan kepesertaan dengan melakukan berbagai upaya. “Misalnya, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan badan usaha lainnya,” tutup Budi Wahyudi (Rls/YM/Aw)