BIN Bina PMI dan Bangun PYCH Dorong Pengembangan Talenta Muda Papua

Presiden Joko Widodo akan meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura. Pembangunan Gedung megah bernuansa adat yang terletak di Kelurahan Wahno Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua itu diinisiasi oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dengan mendapat dukungan dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Gedung Papua Youth Creative Hub atau PYCH yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua ini, menjadi wadah bagi talenta muda sekaligus pusat pengembangan kreativitas dan inovasi pemuda Papua. Dan ternyata, skill anak muda Papua. Jelang peresmian PYCH, pemuda-pemuda Papua sudah mulai memperlihatkan kemampuannya mengembangkan skill dan kreativitas.

Bacaan Lainnya

Pembangunan gedung itu diharapkan menjadi pusat pengembangan diri talenta dan kreativitas para anak muda di Papua.Gedung tersebut diharapkan mampu memajukan kesejahteraan masyarakat melalui generasi muda.

Selain itu, pemanfaatan gedung PYCH juga dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan hasil alam dan keunikan budaya Bumi Cenderawasih.

Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban mengatakan gedung PYCH merupakan terobosan baru untuk membantu generasi muda Papua agar selalu melahirkan kreasi dan inovasi baru untuk kemajuan masyarakat di Tanah Papua.

PMI (Papua Muda Inspiratif), dengan menggandeng pemuda Papua lainnya serta para stakeholder, memanfaatkan Gedung PYCH tersebut untuk berbagai program dalam mengembangkan SDM dan usaha peningkatan ekonomi masyarakat.

Keberadaan PYCH dan PMI menjadi salah satu upaya BIN untuk mendukung kemajuan generasi muda Papua. Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Papua Muda Inspiratif (PMI) sukses menjalankan berbagai program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Keberhasilan tersebut dibantu dengan adanya Gedung PYCH sebagai pusat pengembangan potensi bagi anak-anak muda papua.

PMI bersama BIN mengembangkan program di bidang pertanian khususnya jagung. Selain pertanian, PMI bersama dengan BIN juga mengembangkan potensi di bidang lain seperti peternakan, kesenian, UMKM, dan Pendidikan.

Khusus di bidang peternakan, antara lain pengembangan Peternakan Ayam Petelur Kab. Jayapura, Peternakan Babi Milik Albert Burwas Kab, Manokwari Papua Barat, Bengkel Sapi PMI distrik Bomberay Kab. Fak–Fak dan budidaya ikan.

Salah satu anggota kelompok pembudidaya ikan nila di Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua, Franspouw mengatakan, dengan pendampingan yang dilakukan PMI, perkembangan budidaya di kelompoknya berkembang sangat baik.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada BIN, KKP dan PMI yang telah bersama-sama membantu dan membimbing kegiatan budiaya ikan nila dengan sistem bioflok.

Keberadaan PMI dan PYCH menjadi momennya lahirnya anak muda Papua berpotensi di beragam bidang, dan juga menjadi bukti bahwa inisiatif dari pemuda dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia pada umunya dan masyarakat Papua pada khususnya.

Dalam sebuah kesempatan, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, Ondoafi George A. Awi menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo atas pembangunan PYCH dan segala upaya memajukan masyarakat Papua.

Banyak program yang diselenggarakan PMI, binaan BIN, melalui berbagai kegiatan pengembangan diri, termasuk juga untuk melengkapi keahlian berbisnis, termasuk soft skill lainnya, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Badan Intelijen Negara (BIN) terus mendorong kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Papua, salah satunya melalui pembinaan organisasi pemuda, yakni Papua Muda Inspiratif (PMI), termasuk juga dengan mendukung pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang bertujuan untuk meningkatkan talenta dan potensi generasi muda Papua dalam rangka mengakselerasi pemerataan pembangunan di Papua. 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait