Bersinergi Hindari Pungli saat PPDB

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing (Media Dayak/ Yanting
Palangka Raya, Media Dayak 
Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, Anggota DPRD provinsi Kalteng Duwel Rawing mengimbau seluruh pihak terkait untuk bersinergi dalam menghindari segala bentuk pungutan liar (pungli) selama proses PPDB. 
 
“Langkah ini diambil guna memastikan proses penerimaan siswa baru berlangsung transparan dan adil. Pentingnya mempersiapkan PPDB dengan baik agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan, tanpa harus memandang latar belakang, sosial, ekonomi dan kapasitas intelektual,” ujarnya Sabtu (8/6/2024).
Ia menegaskan kerja sama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk memberantas pungli di lingkungan pendidikan. “Kami mendorong semua pihak, termasuk orang tua murid, kepala sekolah, dan dinas pendidikan untuk bersinergi memastikan PPDB bebas dari pungli. Ini adalah upaya kita bersama untuk menciptakan sistem pendidikan yang bersih dan adil,” ujarnya.
 
Menurutnya masyarakat harus lebih aktif melaporkan segala indikasi pungli yang ditemukan. “Keterlibatan aktif dari orang tua dan masyarakat sangat penting. Jika menemukan adanya pungli, segera laporkan. Kita harus bersama-sama mengawasi agar PPDB berjalan dengan transparan dan sesuai aturan,” tuturnya.
 
Pelaksanaan PPDB harus berjalan transparan lanjutnya, agar setiap anak memiliki hak yang sama dalam mengakses pendidikan, karena pendidikan ini penting dan merupakan ujung tombak untuk meningkatkan kualitas serta kapasitas SDM.
 
Disisi lain, Duwel menyoroti pentingnya bagi Dinas maupun satuan pendidikan menjaga marwah dan martabat dunia pendidikan dengan tidak melakukan pungli atau kecurangan, sebab hal itu akan dapat mencoreng dunia pendidikan dan menghambat anak-anak untuk belajar.
 
“Pungli pastinya akan dapat merugikan bagi para orang tua atau anak-anak yang ingin sekolah, sehingga hal ini jangan sampai terjadi. Setiap sekolah harus transparan serta Dinas Pendidikan agar senantiasa mengawasi pelaksanaan PPDB ini,” tutupnya menyarankan (Ytm/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait