Barito Utara Siap Ikuti FBIM Tahun 2022 di Palangka Raya

Kadis Budparpora HJ Annisa Cahyawati

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melaui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudparpora) setempat akan ikutserta dalam kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-22 di Palangka Raya.

Kepala Dinas Budparpora Hj Annisa Cahyawati saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, sesuai dengan petunjuk, suport serta arahan Bapak Bupati H Nadalsyah, bahwa Kabupaten Barito Utara akan mengikuti event Festival Budaya Isen Mulang 2022 sebagaimana dengan 14 kabupaten kota  lainnya di Kalimantan Tengah. “Persiapan kita sampai hari sudah mencapai 90 persen,” katanya, Jum,at (13/5/2022).

Sebagaimana halnya dengan persiapan untuk mengikuti event FBIM 2022 tersebut, kita sudah mengadakan rapat serta evaluasi bagi para atlet, maupun armada yang akan digunakan serta tempat tinggal saat mengikuti lomba tersebut.

“Atlet kita selama mengikuti lomba akan tinggal di Rumah Betang Barito Utara yang berada di jalan Tumenggung Tilung seluruhnnya bersama-sama dengan para pendamping,” ucap Hj Annisa.

Hj Annisa juga mengatakan, untuk keberangkatan kontingen, kita menggunakan armada dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara sebanyak 3 (tiga) unit bis. “Dan Insya Allah rencananya akan dilepas pada Hari Senin tanggal 16 Mei 2022 oleh unsur pimpinan,” kata dia.

Ia mengharapkan pada FBIM Tahun 2022 ini Kabupaten Barito Utara bisa kembali meraih serta  mendulang medali emas seperti tahun-tahun sebelumnya. “Saya berharap di FBIM Tahun 2022 ini Atlet kita banyak mendulang medali Emas,” ucapnya.

Adapun lomba yang akan diikuti diantaranya yaitu, lomba pawai karnaval pada hari pembukaan, lomba lagu Karungut, Balogo, Besei Kambe, Manyipet, Mangaruhi, juga mengikuti lomba Malamang dan lomba Dayung.

“Untuk lomba Mangenta kita masih mempersiapkan dan beberapa lomba akan diikuti kita sudah mencek dilapangan mereka betul-betul bersemangat dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti FIM di Palangka Raya,” kata Kadis Hj Annisa Cahyawati.

Lanjutnya, atlet yang mengikuti FBIM Tahun 2022 di Palangka Raya ini diikuti sebanyak 72 orang dengan pendamping sebanyak 7 orang dengan jumlah 79 orang. “Pendamping dari Disbudparpora sebanyak tujuh orang dan masing masing cabang di damping oleh satu orang pendamping,” katanya.

Ditambahkannya, dibandingkan dengan kontingen kita pada tahun-tahun sebelumnya berjumlah ratusan, untuk tahun ini atlet kita lebih sedikit. Hal ini disebabkan kita baru bangkit dari keadaan yang melanda dunia disebabkan oleh Corona Virus atau Covid-19.

“Kita tetap besemangat, seluruh atlet yang saya liat sangat antusias mengikuti FBIM ini mewakili Barito Utara serta bersemangat untuk membawa harum nama  kabupaten Barito Utara,” tukasnya. (lna/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.