Bank Kalteng Bantu 7 Ekor Hewan Untuk Qurban Idul Adha

Pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan, Hendra Loren didamping beberapa karyawan lainnya saat menyerahkan 1 ekor sapi kepada pengurus Masjid Al Gufron, bapak Manda , Jum’at sore (14/6/2024) kemaren’ di halaman Masjid Al Gufron – Kasongan.(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 
Jelang hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H/2024 M ini, Bank Kalteng cabang Kasongan bantu 7 ekor hewan untuk qurban jenis sapi kepada  beberapa tempat ibadah di Kabupaten Katingan, yang diserahkan langsung oleh pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan Hendra Loren didamping sejumlah karyawan lainnya, Jum’at sore (14/6/2024) kemaren. 

Dari 7 ekor hewan bantuan tersebut menurutnya, 2 ekor diserahkan kepada Pemkab Katingan, untuk disalurkan kepada masyarakat Katingan, 2 ekor diserahkan kepada dua buah pengurus Masjid di Kasongan, 1 ekor diserahkan kepada pengurus salah satu Masjid di Desa Telangkah Kecamatan Katingan Hilir, 1 ekor diserahkan kepada pengurus salah satu Masjid di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah dan 1 ekor diserahkan kepada salah satu Masjid di Pegatan Kecamatan Katingan Kuala. “Mudah-mudahan di tahun depan bisa ditambah lagi,” kata Hendra. 

Bacaan Lainnya

Agar di tahun depan ada penambahan bantuan hewan qurban seperti ini, dari 5 ekor pada tahun 2023 menjadi 6 ekor pada tahun 2024, dan dari 6 ekor pada tahun 2024 ini, kita berharap naik menjadi 7 ekor pada tahun 2025 yang akan datang, sehingga dirinya meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Katingan, agar Bank Kalteng bisa lebih eksis. “Sehingga Bank Kalteng cabang Kasongan dapat memberikan hewan qurban lebih banyak lagi di tahun 2025 yang akan datang,” harapnya.

Terkait bantuan hewan qurban ini pula dirinya mengakui, tidak semua Masjid atau tempat ibadah yang bisa dibantu. Hal ini mengingat keterbatasan anggaran di Bank Kalteng cabang Kasongan ini. “Namun demikian, kita akan memberikan bantuan seperti ini kembali pada tahun yang akan datang kepada Masjid- Masjid yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan hewan qurban ini,” janjinya. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang usai menerima bantuan 2 ekor hewan, jenis sapi tersebut, mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan pada khususnya dan kepada Bank Kalteng pada umumnya, atas bantuannya. Baik yang 2 ekor sapi yang diterima Pemkab Katingan maupun yang diterima oleh beberapa pengurus Masjid di beberapa wilayah Kecamatan lainnya. 

Dengan bantuan dibantunya 7 ekor sapi oleh Bank Kalteng cabang Kasongan jelang hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H/2024 ini, menurut Pransang,  merupakan salah satu bukti Bank Kalteng begitu pedulinya kepada masyarakat Katingan. “Bahkan, bantuan seperti ini diberikan setiap jelang hari raya Idul Adha, yang setiap tahun pula bantuannya selalu bertambah,” kata Pransang. 

Terkait bantuan ini pula menurutnya, seyogyanya lah harus kita syukuri bersama, meskipun tidak semua tempat ibadah dan tidak semua desa serta kecamatan pula yang bisa diberikan bantuan hewan qurban seperti ini.

Bantuan hewan qurban yang diberikan oleh Bank Kalteng cabang Kasongan ini, lanjutnya, selain memang sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim setiap datangnya hari raya Idul Adha untuk berqurban. “Juga terkait dengan penanganan inflasi, meningkatkan gizi masyarakat dan mengantisipasi kenaikan harga daging sapi di daerah kita,” terangnya.

Selanjutnya, dirinya juga merasa  bersyuku. Karena, pembagian hewan qurban di daerah kita selama ini, ternyata bukan dibagikan kepada umat yang beragama Islam saja, tapi ada pula beberapa panitia qurban di setiap hari raya Idul Adha membagi-bagikan daging qurbannya kepada umat non Muslim.  (Kas/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait