Bangga, Kalteng Raih Juara Umum Jambore Nasional  Kader PKK 2024

Salah satu penampilan peserta dari Kalteng di lomba Defile Parade Nusantara di Jambore Nasional Kader PKK 2024 .(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Solo, Media Dayak
 
Provinsi Kalteng patut berbangga karena pada kegiatan Jambore Nasional Kader PKK 2024 berhasil meraih Juara Umum pada gelaran Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024 yang digelar di Taman Balekambang Solo, Kamis 16 Mei 2024 malam.
 
Pada acara puncak tersebut, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian menyerahkan langsung hadiah uang pembinaan Rp10 juta dan trofi kepada Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tim Penggerak PKK Kalteng Anitha Nuryakin.
 
Kalteng juga meraih Juara untuk beberapa lomba, yakni Juara I Lomba Defile Parade Nusantara, Juara I Lomba Cerdas Cermat dan meraih penghargaan untuk Kategori Pilot Project Galeri Pelangi. 
 
Penghargaan ini diterima oleh Kepala DP3APPKB Linae Victoria Aden serta Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Endang Sri Estimurti.
 
Dengan sederet capaian tersebut, Kalteng, dinobatkan  sebagai Juara Umum Puncak pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024.
 
Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengungkapkan rasa bangga dan haru atas capaian yang luar biasa tersebut.
“Menyandang juara umum bukan suatu  prestasi yang serta merta diraih , tapi merupakan sebuah upaya yang telah melalui proses yang dilandasi komitmen dan niat bagaimana memberdayakan organisasi PKK ini , dapat bermanfaat bagi masyarakat” ucapnya di Palangka Raya, Jum’at ( 17/5/2024).
 
Ia juga menambahkan, fokus PKK selaku mitra pemerintah, adalah kontribusi terhadap pemecahan masalah yang menjadi isu-isu strategis nasional seperti stunting dan inflasi, dan tidak kalah pentingnya adalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. 
 
“Melahirkan generasi unggul dari keluarga berkualitas, merupakan tantangan saat ini dan kedepan. Hanya dengan generasi yang unggul akan mampu menjawab tantangan dan meraih peluang di era kompetitif saat ini, dan PKK dan jajaran sampai tingkat terbawah, fokus  dalam upaya tersebut,” pungkasnya.
 
Sebagai informasi,  Kalteng juga menerima penghargaan untuk Kategori Wanita yang Berjasa di Bidang Sosial Budaya. Dalam acara puncak ini, penghargaan diterima Widya Kumala Wati dan diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Turt hadir pada acara ini yakni istri Wakil Presiden (Wapres) RI Wury Maaruf Amin dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) ini.
 
Pada acara Puncak Peringatan HKG PKK Ke-52, dilakukan penyematan pin emas Adi Bhakti Utama sebagai penghargaan Tim Penggerak PKK Pusat kepada Kader PKK yang masa baktinya lebih dari 25 tahun. 
 
Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada para wanita yang berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.
 
Dalam sambutannya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat untuk Peringatan HKG PKK Ke-52.
 
Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian merasa bangga dengan kehadiran Ibu Negara dan Istri Wakil Presiden, yang merupakan pelindung PKK. 
 
Ia melaporkan, peserta yang hadir di Solo, datang dari 38 Provinsi yang ada di Indonesia.  Sebanyak 8.083 orang Kader PKK hadir pada Peringatan HKG PKK Ke-52 yang mengambil tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.
 
“Kegiatan-kegiatan PKK saat ini banyak membantu pemerintah khususnya mengendalikan angka inflasi, dengan gerakan tanam cabai, kemudian meningkatkan keterampilan masyarakat, lalu program keluarga sehat tangguh bencana dan program mencegah stunting,” ucapnya. 
 
Diinformasikan juga, tidak hanya di ajang Jambore Nasional Kader PKK 2024 dan HKG PKK Ke-52, Kalteng juga meraih juara di event Peringatan HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo.
 
Pada HUT Dekranas tahun ini, Kabupaten Barito Timur (Bartim) menjadi wakil Kalteng yang meraih Juara 2 Lomba Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Dekranas 2024.
Pada lomba yang digelar Rabu 15 Mei 2024 tersebut, Juara Umum diraih Sumatera Selatan.
 
Juara Favorit diraih Kalimantan Selatan, Juara 1 diraih Papua Pegunungan, Juara 2 diraih Barito Timur, Juara 3 diraih Surakarta, Juara Harapan 1 diraih Papua Selatan, Juara Harapan 2 diraih Kapuas Hulu, dan Juara Harapan 3 diraih Nusa Tenggara Barat.
 
Trofi penghargaan diserahkan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin di Area Panggung Utama Dekranas Expo 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024) pagi (MMC/Ytm/Lsn)