Anggota Komisi I DPRD Barut Harapkan Generasi Muda Dapat Lebih Kenali Warisan Budaya 

 

FOTO BERSAMA PELAJAR SMAN 4-Anggota Komisi I DPRD Barito Utara Hj Nety Herawati foto bersama para pelajar di SMAN 4 Muara Teweh.(Media Dayak/ist)

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak 

Dalam rangka pengembangan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan oleh SMAN 4 Muara Teweh. P5 yang dilaksanakan di sekolah ini guna lebih mengenali lebih dalam lagi tentang Warisan Kuliner Dayak Barito Utara.

 

Dalam pelaksanaan P5 di SMAN 4 Muara Teweh tersebut diisi oleh salah satu putri asli daerah Barito Utara sekaligus anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Nety Herawati.

 

Anggota Komisi I DPRD Barito Utara Hj Nety Herawati menyampaikan materi terkait sejarah singkat mengenai terbentuknya Suku Dayak yang ada di Pulau Kalimantan ini, terlebih yang berada di wilayah Barito Utara ini.

 

Disamping itu juga perempuan yang juga aktif sebagai Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Barito Utara ini juga memberikan beberapa contoh warisan budaya berupa kuliner khas Dayak seperti Kenta, Lamang/Malaman, Sayur Asam/Juhu Ansem, Tumis Sulur Keladi, Sanga Pucuk Jawaw Baupet, Sambal Kandas Sarai, Tumpi Jawau dan lainnya.

 

“Pelestarian warisan budaya kuliner Dayak ini dengan cara menanamkan rasa cinta terhadap masakan atau budaya kita sendiri, dengan mengadakan lomba budaya setempat, memberikan dukungan untuk mengembangkan budaya, mengajarkan budaya daerah kepada generasi muda sleanjutnya dan dapat saling berbagi informasi atau pengetahuan tentang budaya daerah melalui Sosial Network Site (SNS),” kata dia.

 

Lebih lanjut Hj Nety Herawati, seperti halnya yang dilaksanakan pada kegiatan yang berlangsung di sekolah ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan sedikit banyaknya pengetahuan bagi generasi muda dalam hal mempelajari warisan budaya daerahnya.

 

“Saat ini sangat jarang sekali kita jumpai kumpulan anak muda khususnya yang masih bersekolah mau belajar mengenal warisan budaya ini. Kita harapkan terkhususnya kepada anak muda putra putri asli daerah Barito Utara ini dapat lebih mengenal budaya daerahnya,” ucapnya.

 

Jangan sampai kata dia hal tersebut justru membuatnya lupa akan kelestarian turun menurun dari budaya yang telah diwariskan terhadap anak cucunya sejak dulu.

 

“Dari kegiatan yang diadakan oleh SMAN 4 Muara Teweh ini juga saya selaku anggota DPRD Barito Utara yang juga membidangi pendidikan, sangat mengapresiasi telah mengadakan pertemuan ini, saya sangat turut bangga terhadap anak didik di SMAN 4 ini yang benar-benar ingin mempelajari budayanya,” pungkasnya.(lna/Lsn)

 

 

 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait