Anggota DPRD Raya Ingatkan Pemkab Bina Pengrajin Lokal

Anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan mengingatkan Pemkab Gumas melalui perangkat daerah terkait untuk membina pengrajin lokal yang membuat kerajinan tangan khas Gumas.

“Dinas terkait harus memiliki perhatian terhadap para pengrajin lokal. Mereka aset penting dalam berkontribusi terhadap pembangunan di wilayah ini,” ujar Raya,Selasa (7/5/2024).

Ia mengatakan, Gumas memiliki banyak potensi pengrajin kerajinan tangan. Mereka butuh pembinaan agar potensi yang dimiliki berkembang dan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

“Kita semua tentunya tidak ingin masyarakat lebih mengenal dan mencintai kerajinan tangan khas daerah lain di luar Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

“Bahkan jangan sampai pameran di Kabupaten Gunung Mas, kerajinan tangan yang dipamerkan bukan kerajinan tangan hasil buatan para pengrajin lokal Gunung Mas melainkan kerajinan tangan yang dibuat pengrajin dari luar Gunung Mas,”tegas Raya.

Raya menggaris bawahi pentingnya sebuah gerakan untuk membumikan kerajinan tangan hasil karya pengrajin lokal Gumas agar dikenal di tingkat nasional bahkan internasional.

“Para pengrajin lokal kita punya skill membuat kerajian tangan yang menarik dari sumber daya alam yang ada di daerah kita ini. Apabila ada pembinaan yang sungguh-sungguh terhadap mereka [pengrajin lokal],hal itu bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Terhadap hasil kerajinan tangan mereka, dilakukan promosi yang baik melalui media sosial yang ada,”papar Raya.

Menurutnya, hasil kerajinan tangan pengrajin lokal Gumas salah satu upaya mendukung pengembangan pariwisata di Gumas. Destinasi wisata di Gumas sangat potensial dikunjungi wisatawan lokal,domestik dan mancanegara. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait