DPRD Segera Panggil Perusda Gunung Mas Perkasa

Anggota DPRD Gumas Evandi. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Evandi mengonfirmasi DPRD akan memanggil Perusahaan Daerah (Perusda) Gunung Mas Perkasa untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“RDP akan dilaksanakan Senin (23/5) depan pukul 10.00 WIB, di Ruang Rapat Komisi DPRD Kabupaten Gunung Mas. RDP akan membahas terkait evaluasi laporan keuangan dan kinerja perusda selama ini. Apakah mengalami untung atau rugi,” kata Evandi, Rabu (18/5).

Evan mengungkapkan, Perusda Gunung Mas Perkasa sudah diberikan penyertaan modal, berupa kucuran dana miliaran rupiah dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gumas, untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pemberdayaan kepada masyarakat.

”Penggunaan dana itu yang kami pertanyakan. Ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kami dalam hal pengawasan. Beberapa waktu lalu, kami juga mendengar terjadi pergantian pimpinan perusda. Itu juga yang ditanyakan, apa permasalahan sehingga pimpinan diganti,” ujar wakil rakyat dapil tiga Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa.

Legislator dua periode asal Partai NasDem itu menyatakan, dalam RDP nanti juga diundang Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten II, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Bagian Hukum Setda, serta Direktur Perusda Gunung Mas Perkasa.

”Kami juga mengundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), karena selain penyertaan modal, juga diberikan dana untuk pembangunan gudang yang menjadi aset dengan dikelola oleh disperindag,” katanya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Gumas Untung Jaya Bangas juga mempertanyakan kontribusi Perusda Gunung Mas Perkasa terhadap PAD dan pemberdayaan masyarakat. Padahal penyertaan modal berupa dana miliaran rupiah sudah dikucurkan.

”Penyertaan modal yang diberikan, namun kontribusi perusda belum ada. Kami mempertanyakan penggunaan dana penyertaan modal tadi,” seru Untung.

Menurut Untung, sejak tahun 2010 hingga 2020, jumlah penyertaan modal pemkab untuk Perusda Gunung Mas Perkasa mencapai Rp 6.934.963.635.

”Anggaran penyertaan modal pemkab untuk Perusda Gunung Mas Perkasa tidak sedikit. Jadi apa saja kontribusinya untuk PAD dan masyarakat, serta jenis usaha apa yang dijalankan dengan menggunakan dana penyertaan modal yang sudah dikucurkan. Itu yang kami pertanyakan,” ujar Untung.  (Nov/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.