Anggota DPRD Barut Dukung Disnakertranskop UKM Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Petelur

Iqbal Reza Erlanda

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Iqbal Reza Erlanda mendukung dan mengapresiasi program Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara yang menggelar pelatihan budidaya ayam petelur bagi pelaku usaha di daerah setempat, pada Kamis (13/6/2024) di aula Barakati Muara Teweh.

Menurut Iqbal, kegiatan pelatihan ini sangat penting diikuti para pelaku usaha dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta dapat membantu UMKM dalam meningkatkan produktifitas dan efesiensi kerja, dan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan.

“Saya selaku anggota DPRD Barito Utara sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pelatihan budidaya ayam petelur ini. Dan diharapkan pelatihan ini tidak hanya untuk kali ini saja, namun terus dilaksanakan setiap tiga bulan sekali,” kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini, Jumat (14/6/2024) di Muara Teweh.

Menurut Iqbal dengan memiliki SDM yang terlatih dan berkualitas, UMKM akan lebih mampu bersaing di pasar dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik.

Selain itu kata dia pelatihan ini juga untuk meningkatkan SDM UMKM dan akan membantu UMKM di daerah ini menjadi lebih inovatif dan adaptif terhadap perubahan pasar, lebih mampu menangkap peluang baru dan mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Sehingga diharapkan akan memberikan dampak dalam upaya penanggulangan inflasi,  pengangguran dan kemiskinan di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Dengan adanya pelatihan yang diadakan Disnakertranskop UKM ini para pelaku usaha dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagaimana cara dan teknik pengelolaan, pengolahan dan pemasaran ayam petelur yang baik.

Saat ini kata Iqbal lagi kebutuhan akan komoditi telur di wilayah Kabupaten Barito Utara cukup tinggi dan pelaku usaha UMKM di wilayah Kabupaten Barito Utara belum mampu memenuhi kebutuhan itu.

“Sehingga kita masih mendatangkan pemasok telur dari luar daerah seperti dari luar daerah Barito Utara. Artinya usaha budidaya ayam petelor ini pangsa pasarnya atau prospek kedepannya sangat baik untuk dilakukan atau dijalankan usaha ini,” pungkasnya.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait