Anggota Dewan Dorong Kades Bisa Kuasai  Teknologi

Anggota DPRD Gumas Polie L Mihing. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Di era teknologi saat ini, era dimana semua sendi kehidupan bersentuhan dengan teknologi, maka sebuah keniscayaan bagi kepala desa dan perangkat desa untuk melek teknologi. 

Hal ini disampaikan anggota DPRD Gumas Polie L Mihing, Rabu (27/5/2024).

“Teknologi yang harus bisa dikuasai oleh kepala desa dan perangkat desa, salah satunya bisa menggunakan komputer,” kata Polie.

 “Ini [bisa komputer] sangat penting, karena pelayanan kepada masyarakat, pencatatan keuangan desa, pelaksanaan program pembangunan di desa, administrasi kependudukan di desa maupun administarsi lainnya, memerlukan penggunaan komputer.Jadi kepala desa dan perangkat desa harus bisa komputer,” sambung Wakil Ketua Komisi I DPRD Gumas tersebut.

Politikus Hanura itu menyebut, sangat disayangkan kalau ada kepala desa dan perangkat desa di Gumas yang tidak bisa komputer.

Ia pun menyarankan kepada desa, untuk bisa menggunakan anggaran dana desa maupun alokasi dana desa untuk peningkatan sumber daya manusia dalam hal bisa menggunakan komputer.

“Sebagai pelayan masyarakat, kepala desa dan perangkat desa harus memiliki kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal penguasaan teknologi dalam mewujudkan pelayanan yang baik demi kemajuan desa,” tutur Polie.

 Polie menilai, kemajuan sebuah desa sangat ditentukan oleh kemajuan kualitas sumber daya manusia kepala desa dan perangkat desa yang menguasai teknologi.

Dengan kepala desa dan perangkat desa menguasai teknologi, maka potensi yang ada di desa bisa diketahui masyarakat luas.Hasil pertanian, peternakan, perikanan, kerajinan tangan dari desa, bisa dijual dan dipasarkan melalui teknologi. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait