Alumni SMPN I Agar Melanjutkan Ke Jenjang SMA

Puluhan orang tua/wali murid saat menghadiri perpisahan 122 siswa dan siswi SMPN 1 Katingan Hilir, Selasa pagi (11/6), di gedung serbaguna Salawah- Kasongan.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepada alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Katingan Hilir tahun ajaran 2023/2024 ini, agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Harapan ini dikatakan oleh kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan Feriso, yang diwakili oleh Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Nurtie di acara perpisahan 122 siswa dan siswi SMPN 1 Katingan Hilir, Selasa pagi (11/6), di gedung serbaguna Salawah – Kasongan.

Terkait dengan acara perpisahan yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Katingan Hilir ini, menurut Nurtie sangat luar biasa. Karena, selain mengundang puluhan orang tua murid, juga diselingi dengan berbagai atraksi seni dan budaya daerah Kabupaten Katingan. Diantaranya menampilkan tari-tarian daerah, menampilkan anggota Pramuka mengantraksikan isyarat semaphore dan lain sebagainya.

Jadi, lancar dan suksesnya acara perpisahan yang luar biasa ini menurutnya tidak terlepas dari hasil kerjasama antara panitia pelaksana, siswa, kepala sekolah, dewan guru dan fihak sekolah SMPN 1 Katingan Hilir ini. “Didukung pula oleh para orang tua yang tergabung di dalam organisasi komite SMPN 1 Katingan Hilir ini,” kata Nurtie.

Acara perpisahan seperti ini, lanjutnya, juga merupakan momen terbaik bagi para orangtua yang turut hadir di dalam acara perpisahan ini, bukan hanya mendampingi putra-putrinya saja, tapi selain bisa bersilaturahmi sesama orangtua/wali murid dan kepala sekolah serta para tenaga pendidik (guru), juga dapat memberikan semangat (spirit) terhadap putra-putrinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. “Karena, mereka merasa saat kelulusannya didampingi dan disaksikan oleh orangtuanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, kepada sekolah-sekolah lainnya dirinya berharap bisa pula menyelenggarakan perpisahan seperti ini, dengan mengundang para orangtua murid, yang disesuaikan dengan keadaan keuangannya masing-masing. “Meskipun pelaksanaannya secara sederhana, namun khidmat,” harapnya, seraya mengucapkan selamat atas digelarnya acara perpisahan ini, dan sukses selalu.

Di tempat yang sama, kepala sekolah SMPN 1 Katingan Hilir, Salafudin dalam laporannya mengatakan, siswa SMPN 1 Katingan Hilir yang mengikuti ujian pada tahun ajaran 2023/2024 ini berjumlah 122 orang. Sedangkan dana untuk acara perpisahan ini atas swadaya dari para orangtua/wali murid. Mereka sepakat dan dan ikhlas urukan dana untuk merayakan perpisahan. “Sehingga, diselenggarakanlah acara perpisahan ini,” kata Salafudin, seraya mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada seluruh orangtua siswa atas kehadiran dan partisifasinya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait