Akibat Hujan Deras, Sejumlah Kawasan Pemukiman di Palangka Raya Tergenang Air

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani. (Media Dayak/ IsenMulang)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Akibat hujan dengan intensitas lebat yang terjadi pada senin 27 Maret lalu, menyebabkan beberapa ruas jalan dan kawasan pemukiman di Kota Palangka Raya tergenang air.
 
Seperti yang terjadi di jalan RTA Milono tepatnya di jalan Pasendeng Kelurahan Sabaru Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya, ketinggian air yang menggenangi badan jalan mencapai 20 hingga 50 cm. Bahkan akibat tingginya debit air tersebut banyak rumah warga terendam air.
 
Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menyebutkan bahwa terjadinya genangan air tersebut selain memang dikarenakan curah hujan yang cukup lebat dengan durasi yang cukup lama juga dikarenakan saluran air (Drainase) di lokasi tersebut tidak tertata dgn baik, rusak parah atau mengalami pendangkalan.
 
Sementara untuk rumah warga yang tergenang tersebut, dikatakan Emi dikarenakan posisi rumah warga memang lebih rendah dari badan jalan.
 
“Setelah melakukan pengecekan di lapangan kondisi air masih merendam sebagian rumah warga, namun sudah mengalami penurunan. Selain itu warga setempat juga berswadaya menggunakan eksavator untuk mengolah tanggul sementara untuk menahan air masuk ke pemukiman,” kata Emi, Selasa (28/3/2023).
 
Emi menyebutkan terkait hal tersebut, pihaknya telah melakukan mediasi dengan sejumlah warga dan ketua RT setempat terkait upaya penanganan dini terhadap kondisi di lapangan dan berdasarkan hasil dari mediasi ini perlu dilakukan upaya pembuatan drainase permanen, tanggul permanen dan jalan di lokasi kejadian dengan melibatkan perangkat daerah terkait.
 
Lebih lanjut, Emi menuturkan bahwa pihaknya terus memantau lokasi tersebut secara berkala dengan metode pemantauan langsung oleh para petugas untuk memastikan kondisi warga setempat.
 
“Kami terus memantau lokasi tersebut secara berkala. Apabila memang diperlukan pemasangan tenda pengungsi, maka kami akan mendirikan tenda pengungsi bagi warga yang terdampak tersebut,” tutup Emi. (MCIM/Ytm/ Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait