Akibat Banjir, Banyak Jalan Mengalami Kerusakan

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto SH

Kasongan, Media Dayak

Akibat musibah banjir yang melanda wilayah hulu (utara) Kabupaten Katingan beberapa hari yang lalu, banyak badan jalan yang mengalami kerusakan. Demikian kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto SH kepada sejumlah awak media, yang diungkapkannya usai dirinya mengikuti rapat paripurna, Senin pagi (10/6), di ruang loby DPRD setempat.
 
Diantara beberapa badan jalan di wilayah hulu yang mengalami kerusakan tersebut menurutnya, selain di Desa Tumbang Hiran Kecamatan Marikit menuju Kelurahan Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, juga di sejumlah Desa lainnya. 
 
Selain itu, ada beberapa buah bangunan jembatan menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini yang mengalami kerusakan. Juga, dampak dari banjir tersebut, meskipun tidak begitu parah. Sebab, di wilayah hulu ini, jika terjadi banjir, arus air selalu deras, nyaris seperti riam. “Sehingga, meskipun banjirnya hanya beberapa hari saja, ruas jalan dan jembatan sangat cepat mengalami kerusakan,” katanya. 
 
Akibat dari banyaknya titik kerusakan badan jalan dan jembatan tersebut menurutnya tentu saja terganggunya masyarakat setempat untuk berlalulintas, guna menjalankan aktivitasnya sehari-hari. “Dan, hingga kini masyarakat setempat dalam melakukan aktivitasnya tidak maksimal,” terangnya.
   
Sehubungan dengan itulah, sebelum kerusakan badan jalan dan jembatan di wilayah tersebut bertambah parah, dan sebelum masyarakat setempat mengalami kendala dalam menjalankan aktivitasnya, dirinya berharap dengan sangat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat agar secepatnya melakukam perbaikan. “Sehingga’ masyarakat setempat dapat menjalankan aktivitasnya dengan lancar,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Kas/Aw) 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait