Agustiar, Edy Pratowo, dan Sutransyah Terima Penghargaan Nasional di HPN Surabaya

Tiga tokoh Bumi Tambun Bungai meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional pada peringatan HPN 2019 di Surabaya, yakni, CEO Kalteng Putra FC H Agustiar Sabran, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo SE, dan tokoh pers H Sutransyah. (Media Dayak/Ist)

Bacaan Lainnya

Palangka Raya, Media Dayak

   Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Kota Surabaya, 7-9 Februari 2019 tadi menjadi momentum membanggakan bagi masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, pada kegiatan yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo tersebut tiga tokoh Bumi Tambun Bungai meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Ketiga peraih penghargaan asal Kalteng itu antara lain, CEO Kalteng Putra FC H Agustiar Sabran, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo SE, dan tokoh pers H Sutransyah.

Prosesi penyerahan penghargaan pertama, yakni “Pers Card Number One” atau Kartu Pers Nomor Satu digelar Jumat (8/2) siang, di Surabaya. Penghargaan tahunan ini diserahkan kepada 22 tokoh pers se-Indonesia, termasuk Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng periode 2014-2019 H Sutransyah.

Sutransyah dinilai layak menerima penghargaan Pers Card Number One karena telah menunjukkan loyalitas dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas jurnalistik serta aktif membina profesionalitas insan pers.

Selain itu, Ketua PWI tiga periode berbeda tersebut juga dinilai telah berperan aktif dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan nasional di daerah dengan keterlibatannya selaku konsultan jurnalistik Polda Kalteng dan sebagai Ketua Bidang Media Massa, Hubungan Masyarakat, dan Hukum Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalteng.

Penilaian terhadap para peraih penghargaan Pers Card Number One tahun 2018 ini dilakukan oleh tim seleksi independen yang merupakan tokoh Dewan Pers dan pengurus PWI Pusat.

 “Peraih penghargaan ini merupakan para wartawan yang telah teruji mampu menunjukkan profesionalitas sesuai kompetensinya, dan memiliki integritas tinggi dalam menjalankan profesi jurnalis,” kata Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari.

Selain Sutransyah, penghargaan yang sama juga pernah diberikan kepada dua tokoh pers lain asal Kalteng pada pelaksanaan puncak peringatan HPN tahun sebelumnya. Keduanya adalah tokoh pers daerah, yakni TT Suan dan H Abdussamad Hanafiah.

Usai prosesi penyerahan penghargaan Pers Card Number One, pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan “Golden Award” di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Anugerah  ini diberikan Seksi wartawan Indonesia (SIWO) PWI Pusat kepada tokoh dari berbagai latar belakang yang dinilai memiliki peran besar dalam memajukan dunia keolahragaan di Tanah Air.

Penghargaan tersebut diterima dua tokoh Kalteng, yaitu CEO Kalteng Putra FC H Agustiar Sabran, dan Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo.  Agustiar Sabran meraih penghargaan untuk kategori Penggerak Olahraga dengan prestasinya membawa kesebelasan Oloh Itah lolos ke kompetisi sepakbola nasional Liga 1.

Sedangkan Edy Pratowo dianggap layak menerima penghargaan ini karena telah menunjukkan dedikasinya selaku bapak angkat olahraga dayung di daerah hingga turut mencatatkan prestasi internasional, termasuk di Asian Games 2018 lalu.

Penyerahan penghargaan kepada para penerima tersebut dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Ketua PWI Pusat H Atal Sembiring Depari.  (SAR)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *