5 Desa di Barito Utara Ikuti Lomba Posyandu tingkat Kabupaten

TIM PENILAI LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN – Tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Barito Utara Hj Sunarty foto bersama Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng dan Kepala Desa Lemo II Hj Elly Sukaisih usai pembukaan penilaian lomba desa, di Desa Lemo II, Senin (20/3/2023). (Foto : Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Lima desa yang adan di 9 (sembilan) Kecamatan di Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti lomba Posyandu tingkat Kabupaten Barito Utara. Ke lima desa tersebut Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru, Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Desa Kamawen Kecamatan Montalat dan Desa Muara Mea Kecamatan Gunung Purei.

Ketua tim penilai Lomba Posyandu tingkat Kabupaten Barito Utara, Hj Sunarty, mengatakan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

“Hal ini guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,”kata Hj Sunarty memberikan sambutan pada penilaian Lomba Posyandu di Desa Lemo II, Senin (20/3/2023).

Dikatakan Hj Sunarty, dalam rangka mempercepat perkembangan posyandu aktif, maka diperlukan lembaga Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) sehingga mempermudah dalam melakukan koordinasi, pembinaan, fasilitasi advokasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja pelayanan terpadu.

“Keberlangsungan peran Pokjanal saat ini menjadi semakin strategis terlebih untuk mendukung program penting nasional yaitu mempercepat penurunan stunting. Dimana Kabupaten barito Utara juga masuk wilayah lokasi stunting di Provinsi Kalteng,”kata Hj Sunarty.

Kita ketahui, lanjutnya, untuk pemantuan dalam tumbuh kembang program stunting akan banyak peran Posyandu menjadi semakin penting untuk di revitaslisasi.

“Semoga lomba Posyandu ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dan lintas sektor dalam pemberdayaan dan menjadi contoh bagi posyandu yang lainnya,”kata dia.

Sementara, Kepala Desa Lemo II, Hj Elly Sukaisih, mengatakan Posyandu Kenanga Desa Lemo II merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar.

Dirinya juga berharap dalam penilaian Lomba Posyandi di Desa Lemo II ini dalam penilaian, Posyandu Kenanga Desa Lemo II sudah masuk dalam lima indikator penilaian, yakni administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi. (lna/rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait